103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan

ABSTRAK Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2004. Dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok kecil untuk mencapai keberhasilan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila mereka dapat saling mendiskusikan masalah-masalah tersebut dengan teman kelompoknya. Salah satu metode pembelajaran kooperatif adalah model STAD , yang sederhana dan cocok diterapkan di dalam kelas, khususnya mata pelajaran ekonomi pada pokok bahasan uang dan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo, (2) mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo, (3) mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran kooperatif model STAD dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi pemahaman uang dan perbankan pada siswa kelas X-I MAN I Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus kecil. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-I yang terdiri dari 39 orang siswa, yang selanjutnya dibagi menjadi 8 kelompok secara heterogen. Dimana pada siklus I dan II membahas tentang uang dan perbankan. Akhir pelaksanaan siklus I dan II diadakan tes akhir setelah pelaksanaan tindakan. Tes ini dilaksanakan dalam rangka untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat melalui pengamatan guru serta angket. Berdasarkan pengamatan guru dan angket aktivitas siswa yang dilakukan setiap siklus, persentase rata-rata aktivitas siswa belajar di kelas dalam pembelajaran kooperatif model STAD menunjukkan peningkatan dengan cukup baik.hal ini juga dapat dilihat hasil tes pada setiap siklus, pembelajaran materi kegiatan pokok ekonomi dengan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada siklus I dari 39 siswa yang dinyatakan lulus sebanyak 23 orang atau 59%, sedangkan yang tidak lulus sebanyak 16 orang atau 41%. Dan pada siklus II menjadi 89,7% yakni dari 39 peserta tes, yang dinyatakan lulus sebanyak 35 orang. Sedangkan yang tidak lulus sebanyak 4 orang siswa atau sebesar 10,3%, karena skor tesnya kurang dari 60.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan 103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan 103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan 103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan

Belum ada Komentar untuk "103. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pemahaman Uang dan Perbankan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel