119. Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Pemahaman Generalisasi Pelaku Ekonomi dan Interaksinya Pada Siswa
ABSTRAK Rendahnya pemahaman siswa pada generalisasi pelaku ekonomi dan interaksinya seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang masih verbalisme. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran seperti ini tak ubahnya penonton, mereka hanya mendengarkan ceramah guru, lalu mencatat materi yang ada dipapan tulis meskipun tidak dimengerti, bahkan ada siswa yang bermimpi di siang bolong “tidur di kelas”. Untuk menanggulangi hal itu setidaknya guru harus mempunyai beberapa tehnik pengajaran agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tehnik pengajaran dalam proses pembelajaran nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi khususnya pada generalisasi pelaku ekonmi dan interkasinya; dengan menguasai tehnik pengajaran ini diharapkan mutu pemahaman siswa lebih meningkat, sebab pada model pembelajaran ini keaktifan siswa lebih diutamakan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan proses penggunaan media grafis untuk meningkatkan pemahaman generalisasi pelaku ekonomi dan interkasinya pada siswa kelas X-A MA Aswaj Ambunten. Untuk mencapai itu digunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penggunaan media grafis terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa pada generalisasi pelaku ekonomi dan interaksinya kelas X-A MA Aswaj Ambunten. Bukti secara kuantitatif adalah perbandngan presentase peningkatan pemahaman siswa yang semula rata-rata sebesar 1,75 pada pertemuan I sebelum media grafis digunakan mengalami peningkatan pemahaman rata-rata sebesar 2,25 atau 28% pada pertemuan II, bertambah meningkat pada pertemuan III rata-rata sebesar 2,75 atau 57%, dan bertambah meningkat pada pertemuan IV rata-rata sebesar 3,25 atau 85%. Berarti peningkatan pemahaman siswa sampai berakhir tindakan rata-rata sebesar 85%. Sedangkan bukti kualitatif dapat dijelaskan dan banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan media grafis ini, tumbuhnya rasa minat dan motivasi, konsentrasi siswa pada mata pelajaran; suasana kelas menjadi hidup
Tag Favorit :
119. Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Pemahaman Generalisasi Pelaku Ekonomi dan Interaksinya Pada Siswa adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "119. Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Pemahaman Generalisasi Pelaku Ekonomi dan Interaksinya Pada Siswa"
Posting Komentar