131. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang
ABSTRAK Kecerdasan Emosional menunjuk pada suatu kemampuan untuk mengatur dan mengelola dorongan-dorongan emosi yang terdapat dalam diri individu. Dan kemandirian belajar bagi peserta didik merupakan sesuatu yang sangat penting, dikarenakan dapat membentuk rasa penuh tanggung jawab dan yakin dalam proses pembelajaran serta punya inisiatif dan kebebasan dalam berfikir dan bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kecerdasan emosional siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang. 2) Mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang. 3) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif, Yakni jenis penelitian yang menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan menampilkan hasilnya. Suatu pendekatan penelitian yang bersifat Objektif, mencakup pengumpulan dan analisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistik. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100% dari populasi 85 peserta didik. Temuan penelitian dianalisis dengan analis regresi satu prediktor dengan skor kasar, menunjukkan adanya pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang termasuk dalam kategori baik yaitu berada pada interval 69 - 85 dengan nilai rata-rata sebesar 85,29. 2) Kemandirian belajar siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang termasuk dalam kategori baik yaitu pada Interval 69 - 85 dengan ini nilai rata-rata 85,03. 3) Ada pengaruh signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar siswa jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang ditunjukkan dengan hasil Freg : 6,463 dengan Dbreg: 1 dan Dbres: 83, yang menunjukkan signifikan bila dikonsultasikan dengan tabel F0,05 (3,96). Dengan demikian dapat diketahui bahwa rxy = 0,299, Freg= 6,463, sedangkan persamaan garis regresi linear dengan an Y = aX + K yaitu Y= 0,29142098X+60,1747045. Hasil Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan para civitas Akademik, mahasiswa Fakultas Tarbiyah, terutama para guru sebagai pengajar, orang tua dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar pada peserta didik.
Tag Favorit :
131. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "131. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS Al-Hidayah Wajak Malang"
Posting Komentar