20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri

ABSTRAK Lembaga Pendidikan Islam (LPI) masih kurang diperhatikan keberadaannya oleh sebagian masyarakat dan sering danggap tidak penting. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pendidikan tenaga pengajar yang menyebabkan rendahnya kualitas lulusannya. Hal ini juga didukung oleh minimnya pengetahuan tentang metodologi yang variatif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga LPI khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI) ketinggalan jauh dari lembaga-lembaga pendidikan yang lain. Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik, maka keterampilan dan pengetahuan guru dalam proses pembelajaran sangat penting dan harus selalu ditingkatkan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu keterampilan merencanakan pembelajaran, pelaksananaan dan cara mengevaluasi yang baik dan benar. Guru tiak harus selalu berpedoman pada kurikulum yang ada, tetapi sebagai guru yang baik harus mampu mengembangkannya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan siswa mampu mencapai Standar Kelulusan Minimum (SKM) yang telah ditentukan oleh pemerintah. Terkait dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, pendekatan yang selama ini digunakan harus dirubah. Yaitu pendekatan yang sebelumnya berorientasi pada guru, harus dirubah menjadi pendekatan yang berorientasi pada siswa. Hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif dan tidak hanya menjadi pendengar. Dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran gerak benda, diharapkan siswa mampu mencari sendiri pengetahuan dari pada memperoleh pengetahuan. Serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Sumber Payung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara maka penerapan pendekatan inkuiri, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena pendekatan inkuiri sangat sesuai dengan materi yang akan diajarkan yaitu tentang “gerak benda”, dimana materi ini perlu pengamatan dan percobaan yang melibatkan siswa secara langsung. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan siswa yang mengatakan senang terhadap pendekatan yang diterapkan, sehingga kelas lebih hidup dan tidak hanya menunggu dari guru saja, tetapi siswa mampu mencari dan menemukan sendiri.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri 20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri 20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri 20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri

Belum ada Komentar untuk "20. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Gerak Benda Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel