22. Implementasi Kurikulum Muatan Lokal pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
ABSTRAK Implementasi Kurikulum muatan lokal adalah suatu konsep yang menekankan pada isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, serta lingkungan budaya dan kebutuhan daerah, sedangkan anak didik di daerah wajib mempelajarinya. sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh siswa, yang berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Oleh karena itu peneliti sekaligus penulis berusaha mengungkap Implementasi kurikulum muatan lokal terutama pada mata pelajaran Bhs Inggris. fokus dari penelitian ini adalah (1) bagaimana Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris di MIJS Malang, (2) bagaimana Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bhs Inggris di MI Jenderal Sudirman Malang Pelaksanaan penelitian tentang Implementasi kurikulum muatan lokal ini menggunakan paradigma devinisi sosial dengan pendekatan kualitatif, karena manusia adalah aktor yang kreatif dari realitas sosialnya untuk mengetahui Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris. Adapun rancangan penelitiannya menggunakan pendekatan studi kasus, dan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitataif. Sedangkan informan kunci adalah Kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Pendidikan Bhs Inggris. Mengenai instrumen dalam penelitian ini adalah penulis sendiri, karena penulis adalah merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data dan pada akhirnya penulis juga yang menjadi pelapor hasil penelitian. Dari rancangan penelitian sebagaimana dijelaskan, peneliti memperoleh hasil data yaitu (1) Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris, untuk mewujudkannya ada tiga tahapan yang harus dilalui diantaranya Pertama, melakukan Persiapan/Perencanaan yang Disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, kondisi sekolah, kesiapan guru yang akan mengajar, menentukan guru mata pelajaran Bhs Inggris, dan sumber dana. Kedua, melakukan pelaksanaan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru Bhs Inggris, serta mempersiapkan penilaian yang disesuaikan dengan ketuntasan minimal. Ketiga tindak lanjut yang dilakukan oleh guru setelah proses pembelajaran dengan melakukan remidi kepada siswa yang belum mencapai standar nilai yang telah ditentukan oleh MIJS Malang. (2) Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bhs Inggris di MI Jenderal Sudirman Malang bahwasannya yang paling penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bhs Inggris yang menjadi kebijakan kepala sekolah adalah mengedepankan metodologi pembelajaran dalam penerapannya meliputi Super Memory System, Mind Mapping, Brain Gym, dan Ice Breaker.
Tag Favorit :
22. Implementasi Kurikulum Muatan Lokal pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "22. Implementasi Kurikulum Muatan Lokal pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan"
Posting Komentar