26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi

ABSTRAK Tidak semua orang mampu mengungkapkan fikirannya secara lisan. Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum merupakan hal yang sangat sulit. Permasalahan tersebut juga menimpa sebagian besar siswa-siswi kelas 5 MI Sunan Kalijaga Malang. Mata pelajaran Bahasa Indonesia menawarkan banyak ragam metode pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Metode mendongeng merupakan salah satu metode yang menjadi alternative untuk mengatasi permasalahan di atas. Pemilihan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar tidak lepas dari fungsi media gambar itu sendiri yang selain dapat membantu mengembangkan imajinasi pendongeng, juga dapat membantu audien untuk lebih mempermudah memahami dongeng. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri untuk peningkatan kemampuan berbicara dan berekspresi siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang, 2) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berbicara dan berekspresi yang dicapai siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang setelah diterapkannya ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Peneliti juga menyertakan tabel sebagai pendukung dan pelengkap uraian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan berekspresi siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari suasana kelas yang menjadi lebih aktif, tumbuhnya keberanian dan rasa percaya diri siswa, serta tumbuhnya semangat kerjasama dengan kelompoknya. Sebagian besar tanggapan siswa juga menyatakan senang dengan diterapkannya metode tersebut. Sedangkan bukti secara kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya hingga mencapai standar kelulusan minimal yang ditetapkan baik secara individual maupun secara klasikal.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi 26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi 26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi 26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi

Belum ada Komentar untuk "26. Penerapan Ragam Mendongeng dengan Menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Berekspresi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel