29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN

ABSTRAK Sekolah memang sudah seharusnya mampu menjadi tempat yang dapat mencetak SDM yang berguna bagi nusa dan bangsa, hal ini sama dengan visi dan misi dari pandidikan kewarganegaraan (PKN) yang bertujuan untuk pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu metode learning start with a question dan jigsaw ini digunakan karena metode ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan bertindak kreatif. Mengacu pada latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Bagaimanakah proses penerapan perpaduan metode learning start with a question dan jigsaw dalam pembelajaran PKN untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum Talun?” Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru mata pelajaran PKN kelas IV MI Hidayatul Ulum dan semua siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan perpaduan metode learning start with a question dan jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas IV MI Hidayatul Ulum Talun. Penerapan model pembelajaran learning start with a question dan jigsaw terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai ratarata ulangan harian yaitu untuk soal pilihan ganda tercatat naik 10,53%, sedangkan untuk soal uraian 11,19%. Skor prestasi belajar tersebut tergolong dalam kriteria “baik” File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN 29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN 29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN 29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN

Belum ada Komentar untuk "29. Penerapan Perpaduan Metode Learning Start With A Question Dan Jigsaw Dalam Pembelajaran PKN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel