33. Pembelajaran Bahasa Indonsia dengan Menggunakan Media Surat Kabar
ABSTRAK Rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar salah satunya disebabkan oleh sistem pembelajaran yang begitu-begitu saja, tidak ada kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran. Menanggapi masalah tersebut maka diperlukan kemampuan dan ketrampilan guru guna menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan media dalam pembelajaran. Upaya yang dimaksud adalah penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang. Dengan rumusan masalah; 1) bagaimana perencanaan penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang?. 2) bagaimana pelaksanaan penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang?. 3) bagaimana penilaian proses dan hasil dari penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang?. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitiannya mengikuti model Lewin menurut Elliot, yaitu meliputi mengidentifikasi masalah, memeriksa lapangan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta revisi perencanaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengukuran hasil tes belajar. Terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang diawali dengan: a. menjabarkan kompetensi dasar yang telah ada dalam silabus ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), b. menentukan media dan metode yang akan diterapkan. Pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang, guru menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti kerja kelompok/team quis, diskusi, inquiry dan lain-lain, untuk membantu dalam penyampaian pesan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Penilaian proses dan hasil dari penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Mambaul Ulum Kasri Bululawang menunjukkan siswa senang terhadap penggunaan media surat kabar dalam pembelajaran; siswa terlihat lebih bersemangat; suasana kelas menjadi hidup; keberanian dalam mengemukakan pendapat; perasaan malu-malu dan takut sudah hilang; dapat menemukan pengetahuan yang baru, dan lebih mudah untuk memberikan komentar/ solusi dengan logis terhadap persoalan tertentu, karena banyak menemukan ide-ide dari membaca berita-berita di surat kabar, serta menumbuhkan minat baca siswa. Secara kuantitatif hasil tes juga menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Yaitu 90.32% siswa dinyatakan lulus, sedangkan sebelum adanya tindakan terdapat 54.83%. Yang berarti mengalami peningkatan sebesar 35.49%.
Tag Favorit :
33. Pembelajaran Bahasa Indonsia dengan Menggunakan Media Surat Kabar adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "33. Pembelajaran Bahasa Indonsia dengan Menggunakan Media Surat Kabar"
Posting Komentar