40. Implementasi Metode Demonstrasi Dan Resitasi Melalui Pendekatan PAKEM
ABSTRAK Metode demonstrasi adalah teknik penyajian bahan pelajaran yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. resitasi adalah pemberian tugas kepada siswa untuk merangsang siswa aktif belajar secara individu maupun kelompok. PAKEM Islami adalah pendekatan pembelajaran menuntut siswa harus bekerja secara aktif mempraktekkan pembelajaran dengan menggunakan benda-benda kongkret yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Siswa kreatif, menghasilkan karya dan menuangkan kreativitas. Efektif memperhatikan efisiensi waktu. Menyenangkan, tampil dengan semangat, antusias dan gembira, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif disertakan humor. Suasana Islami, maka mengucap salam, basmallah setiap memulai aktifitas apapun, dan mengucap astaghfirullah ketika melakukan kesalahan. Pembelajaran Matematika yang baik adalah sesuai dengan perkembangan anak didik sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Materi Matematika yang relative abstrak berbanding terbalik dengan karakter berfikir anak sekolah dasar yang kongrit berpengaruh terhadap Prestasi belajar Matematika yang rendah pada materi pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I, permasalahan ini mengharuskan guru bertanggung jawab membantu dalam hal belajar dan menyiapkan anak didik dengan berbagai potensi yang ada . Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (a) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I? (b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I ? (c) Bagaimana penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I? Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: (a) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. (b) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. (c) Mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulkan data menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah guru bidang studi Matematika kelas IV dan siswa kelas IV B MIN Malang I. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan, perilaku yang diamati dan analisis kuantitatif berupa data hasil tes yang telah dilakukan. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan signifikan dari siklus I sampai siklus II. pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami dapat meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IVB MIN Malang I. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
Tag Favorit :
40. Implementasi Metode Demonstrasi Dan Resitasi Melalui Pendekatan PAKEM adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "40. Implementasi Metode Demonstrasi Dan Resitasi Melalui Pendekatan PAKEM"
Posting Komentar