44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman

ABSTRAK rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkalidisebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode demonstrasi dan penggunaan media yang sesuai dengan materi pelajaran. Dengan menerapkan media pembelajaran dan penggunaan media ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada metode dan penggunaan media ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan bahwa metode demonstrasi dan penggunaan media dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa, (2) Mendeskripsikan proses meningkatkan pemahaman pada materi pengenalan pecahan pada mata pelajaran matematika dengan metode demonstrasi dan penggunaan media pada siswa kelas III di MI Al Hikmah Sumberrejo Gedangan Malang. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode demonstrasi dan penggunaan media dapat meningkatkan pemahaman belajar matematika pada siswa kelas III semester genap tahun akademik 2008/2009 di MI Al Hikmah Sumberrejo Gedangan Malang. Secara kuantitatif dapat ditunjukkan pada tes individual sebesar 100% atau sebanyak 20 orang siswa dari 20 peserta tes dinyatakan lulus karena nilai atau skor tesnya di atas rentang 50-54. Sedangkan yang gagal sebanyak adalah 0 orang siswa atau sebesar 0%. Ini berarti 100% siswa berhasil dinyatakan lulus. Begitu juga pada hasil tes kelompok memperoleh skor dalam rentang lulus. Sedang secara kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi dan penggunaan media menyenangkan, tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, dan suasana kelas menjadi hidup (2) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan media pada mata pelajaran matematika, yang membahas tentang pengenalan pecahan, telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan metode demonstrasi dan penggunaan media belah terong dalam pengenalan pecahan.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman 44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman 44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman 44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman

Belum ada Komentar untuk "44. Pembelajaran Pengenalan Pecahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel