8. Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan AgamaDalam Meningkatkan Motivasi Bel Islam ajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Pasirian
ABSTRAK Salah satu komponen yang sangat penting dalam proses belajar adalah media. Mengingat kedudukan media pembelajaran ini tidak hanya sekedar alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa agar lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasai hambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa serta mempersatukan pengamatan mereka. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti mengangkat beberapa masalah yaitu, Pertama: penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri Pasirian Lumajang, Kedua: faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat menggunakan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa d SMK Negeri Pasirian Lumajang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (deskriptif), dengan memberikan gambaran tentang suatu gejala atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Dengan rancangan penelitian sebagaimana dijelaskan, peneliti memperoleh hasil data yaitu, Pertama: penggunaan media oleh guru untuk menigkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu persiapan guru dalam mengajar, teknis penggunaan media pembelajaran, dan kriteria yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran, Kedua: faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan media pembelajaran. Faktor pendukung yaitu tersedianya media di sekolah, tersedianya waktu untuk menggunakan media, minat dan respon siswa, kemampuan guru dalam menggunakan media, kedisiplinan guru. Faktor penghambatnya yaitu: siswa yang terlambat, siswa yang tidak membawa buku, suasana kelas yang ramai, kurangnya ketrampilan guru dalam membuat media, terbatasnya media di sekolah, kemampuan dasar siswa dalam baca, tulis al-Quran
Tag Favorit :
8. Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan AgamaDalam Meningkatkan Motivasi Bel Islam ajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Pasirian adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "8. Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan AgamaDalam Meningkatkan Motivasi Bel Islam ajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Pasirian"
Posting Komentar