18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP

ABSTRAK


Kata kunci : Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Motivasi dan Prestasi Belajar
Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata Mata Pelajaran, dapat disimpulkan bahwa masalah yang teridentifikasi antara lain siswa kurang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa tidak berani bertanya atau kurang bisa mengungkapkan pendapat, serta rendahnya ketekunan sebagian siswa dalam menyelesaikan tugas, serta kurangnya partisipasi siswa dalam diskusi. Masalah-masalah yang terjadi di kelas VII E SMP Negeri 2 Turen tersebut menunjukkan rendahnya Motivasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan Motivasi dan Prtestasi Belajar siswa. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu pembelajaran kooperatif metode Two Stay Two Stray (TSTS).
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu:
  1. Bagaimana Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?
  2. Apakah Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?
  3. Apakah Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI?.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) dengan jenis kolaboratif. Tahap-tahap penelitian yaitu melakukan :
  1. Perencanaan tindakan (planning)
  2. Pelaksanaan tindakan (action)
  3. Pengamatan (observation), dan
  4. Refleksi (reflection), kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang berulang sampai mencapai hasil yang diharapkan.
Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, interview, dokumen, catatan lapangan dan pengukuran tes hasil belajar. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi, interview, catatan lapangan, dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif, cukup dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMPN 2 Turen pada mata pelajaran PAI. Indikator peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari bertambahnya semangat, rangsangan, keinginan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dari data di lapangan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre-test sebesar 26 meningkat menjadi 31 atau sekitar 19% pada siklus I dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 45 atau sekitar 45%. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa, maka prestasi belajar merekapun juga meningkat, yang semula nilai rata-rata pre test 70,8 meningkat menjadi 76,5 atau sekitar 8% pada siklus I dan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 79,3 atau sekitar 12%, dan peningkatan pada pre tes 86,1 atau sekitar 22%.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi  Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI  Di SMP 18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi  Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI  Di SMP 18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi  Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI  Di SMP 18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi  Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI  Di SMP

Belum ada Komentar untuk "18. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel