3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA

 ABSTRAK 


Standar  Kompetensi  Lulusan  (SKL)  Mata  Pelajaran  Ekonomi  adalah Mengembangkan  pengetahuan,  keterampilan,  sikap  rasional,  teliti,  jujur,  dan bertanggung  jawab  melalui  prosedur  pencatatan,  pengelompokkan,  pengikhtisaran transaksi keuangan, penyusunan laporan keuangan dan penafsiran perusahaan, untuk mencapai  SKL  tersebut  pembelajaran  ekonomi  di  SMA  seharusnya  menggunakan metode yang dapat melibatkan murid aktif . Berdasarkan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan  pembelajaran  ekonomi  di  SMA  Negeri  2  Kelas  XI  –  IPS  ditemukan permalasahan  sebagai berikut: KKM tidak tercapai, metode yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran ekonomi, Untuk itu dalam penelitian diusulkan  tindakan  untuk  memecahkan  masalah  yang  berupa  penggunaan  metode
kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendiskripsikan  seberapakah  penggunaan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, pembelajaran materi ikhtisar dan laporan keuangan. Aktivitas yang dimaksud dalam penelitian merupakan  keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berupa : perhatian,  bertanya,  menjawab,  dan  menanggapi.  Hasil  penelitian  diharapkan memberikan manfaat berupa peningkatan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa dan guru,  Untuk mencapai tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, dan tindakan penelitian dinyatakan berhasil jika aktivitas siswa mencapai skor ≥ 75 dar indikator  aktivitas  yang  meliputi  perhatian,  bertanya,  menjawab,  dan  menanggapi, sedangkan hasil belajar rata-rata mencapai nilai ≥ 75 dan individu mencapai skor ≥ 71.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran ikhtisar dan laporan keuangan siklus akuntansi perusahaan jasa. Hal ini ditunjukkan dari  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  sebagai  berikut:  Aktivitas  belajar
sebelum tindakan :     15,63% siswa aktif dan 9,37% siswa sangat aktif,  34,37% siswa
cukup aktif dan 40,63% siswa tidak aktif. Pada siklus 1 meningkat menjadi         0% siswa
dikategorikan  kurang  aktif,  9,37%  siswa  dikategorikan  cukup  aktif,  52,25%  siswa dikategorikan aktif, dan 34,38% siswa dikategorikan sangat aktif dan pada siklus ke dua 0% siswa dikategorikan kurang aktif dan cukup aktif, 53,12% siswa dikategorikan aktif, dan 46,88% siswa dikategorikan aktif. Hasil belajar sebelum tindakan 25% siswa tuntas dan 75% siswa tidak tuntas, meningkat pada sikus 1, 71,87% siswa tuntas dan 28,13% siswa tidak tuntas dan siklus 2 terdapat 96,88% siswa tuntas dan 3,12% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran-saran sebagai berikut:
  1. Bagi Sekolah yang diteliti, Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat menjadi alternative pertimbangan dalam upaya perbaikan strategi pembelajaran.
  2. Bagi guru mata pelajaran ekonomi akuntansi, metode Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat menjadi pilihan variasi metode pembelajaran.
  3. Bagi siswa, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya, dan
  4. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian  dengan  situasi  dan  kondisi  sekolah  yang  sama,  hendaknya  menerapkan model pembelajaran kooperatif yang lebih bervariasi
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS), Aktivitas belajar dan Hasil Belajar.
 File Selengkapnya.....





Tag Favorit :

3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA 3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA 3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA 3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA

Belum ada Komentar untuk "3. Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ikhtisar Dan Laporan Keuangan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel