11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII

ABSTRAK 


Membiasakan siswa untuk berpikir kritis dan bertindak secara mandiri merupakan hal yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Pencapaian hal tersebut tentunya harus didukung dengan metode yang banyak melibatkan siswa untuk beraktivitas di dalam kelas sebagai variasi metode ceramah. Kenyataan di lapangan  metode  ceramah  masih  menjadi  satu  alternatif  yang dipilih dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu  kegiatan kegiatan belajar mengajar di sekolah perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Salah satu metode yang  digunakan  adalah  metode  pembelajaran  dengan  model  PAKEM.  Permasalahan  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  dengan penggunaan metode pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan keaktifan siswa dan  hasil  belajar  siswa  dalam  Mata  Pelajaran  IPS  dengan  Pokok  Bahasan Mendeskripsikan  Kelompok Sosial Dalam Masyarakat  Multikultural kelas XII pada Program  Keahlian Akomodasi Perhotelan Semester  1  Tahun Pelajaran 2011  /  2012  SMK  PELITA  Salatiga.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendeskripsikan  penggunaan  metode  PAKEM  dalam  meningkatkan  keaktifan siswa  dan  hasil  belajar  siswa  dalam  Mata  Pelajaran  Mata  Pelajaran  IPS. Keberhasilan proses dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 % dan keaktifan siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 80 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat  nilai  minimal  70.  Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Akomodasi Perhotelan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data  penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal kuis akhir siklus I dan siklus II. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil keberhasikan proses pada penelitian ini adalah keaktifan siswa siklus I menunjukkan nilai tiga atau kategori cukup dan pada  siklus  II  menunjukkan  nilai  lima  atau  kategori  sangat  baik.  Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar yang disapai siswa sebesar 62,46 dan ketuntasan belajar sebesar 36,36% . Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 80,69 dan ketuntasan belajar sebesar 95,46 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 92,05 dan ketuntasan belajar  sebesar 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran PAKEM (Partisipatif,  Aktif,  Kreatif,  Efektif,  Menyenangkan)  dapat    meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada  Mata Pelajaran Mata Pelajaran  IPS dengan Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural kelas XII pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan Semester
1  Tahun Pelajaran 2011 / 2012 SMK PELITA Salatiga

Kata kunci : PAKEM, keaktifan, hasil belajar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII 11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII 11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII 11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII

Belum ada Komentar untuk "11. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Pakem Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mendeskripsikan Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Kelas XII"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel