14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III

ABSTRAK


Kata Kunci: CTL, Motivasi Belajar.

Pendekatan CTL menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung serta mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menggunakan pendekatan CTL dalam penelitian ini karena materi-materi ilmu pengetahuan sosial membahas tentang hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan sekitar, dan mhubungan sosial manusia.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
  1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. 
  2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. 
  3. Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode antara lain observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran IPS yang sekaligus menjadi wali kelas dan siswa-siswi kelas III B MI Islamiyah Sukun Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, maka penerapan pendekatan CTL mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, pendekatan CTL sangat sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu tentang kegiatan jual beli. Siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran, siswa aktif bertanya, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan siswa yang menyatakan senang terhadap pendekatan CTL yang diterapkan dalam pembelajaran, sehingga kelas lebih hidup.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III 14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III 14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III 14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III

Belum ada Komentar untuk "14. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas III"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel