3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Fiqih

Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru Fiqih kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang dan observasi pada saat pembelajaran Fiqih. Beliau mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Fiqih kurang memuaskan, hal ini ditunjukkan dengan nilai yang didapat setiap diadakan ulangan banyak yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah. Dilanjutkan dengan melakukan observasi pembelajaran, sehingga dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional. Dari observasi inilah terlihat bahwa siswa tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, mereka lebih mementingkan hal lain dari pada belajar dan ketika dilakukan pos tes dari 30 jumlah siswa keseluruhan yang dinyatakan tuntas hanya 5 siswa dan yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 25 siswa atau sebesar 83%.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah:
  1. Bagaimanakah perencanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?.
  2. Bagaimanakah pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?
  3. Bagaimanakah penilaian metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Bandulan Malang?. 
Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut penulis mengadakan penelitian . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Adapun tahapan penelitian ini adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang. Terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa mulai dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 53% dan pada siklus II sebesar 86%.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV 3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV 3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV 3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV

Belum ada Komentar untuk "3. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas IV"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel