5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

ABSTRAK


Kata Kunci : Make A Match, Aqidah akhlak , Aktivitas Belajar Siswa

Aktivitas belajar adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga menimbulkan perubahan perilaku belajar pada diri siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang, diperoleh informasi bahwa tidak tampak adanya perubahan siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif dan tidak tampak adanya interaksi antar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran make a match.
Penelitian ini bertujuan untuk :
  1. Mendeskripsikan penerapan metode make a match dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
  2. Mendeskripsikan proses mengevaluasi penerapan metode make a match dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu : (1) Reduksi data, (2) Paparan Data, dan (3) Penyimpulan hasil analisis data.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V B pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode make a match mencapai 90 % dan meningkat pada siklus 2 mencapai 100 %. Dengan persentase peningkatan mencapai 10 %. Hasil belajar siswa juga meningkat, pada siklus I persentase ketuntasan belajar mencapai 48 % dan meningkat pada siklus II persentase ketuntasan belajar mencapai 81 %.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak 5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak 5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak 5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Belum ada Komentar untuk "5. Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V B Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel