9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I

ABSTRAK 


Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu bentuk komunikasi dimana guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sehingga membuat siswa menjadi  termotivasi  untuk  berpikir  dan  bertindak  secara  aktif.  Kenyataan  di lapangan,  guru  masih  menggunakan  metode  konvensional  ceramah  sehingga siswa  kurang  termotivasi  dan  berdampak  terhadap  hasil  belajar  siswa  yang berada  di  bawah  KKM.  Perlu  dilakukan  penelitian  tindakan  kelas  untuk memperbaiki  permasalahan  yang  terjadi  yaitu  dengan  menggunakan  metode pembelajaran  kooperatif  tipe  Teams  Game  Turnamens  (TGT).  Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan Teams Game Turnamens (TGT) untuk meningkatkan toleransi, ketrampilan sosial, motivasi, dan  hasil  belajar  siswa  dalam  Mata  pelajaran  Dasar  Kompetensi  Kejuruan dengan  Pokok  Bahasan  Membukukan  Jurnal  Umum  ke  Buku  Besar  kelas  X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 semester I 2011/2012 SMK Negeri 1 Salatiga. Keberhasilan proses dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah  mencapai  skor lebih  dari  atau  sama  dengan  80%  dan  nilai toleransi, ketrampilan sosial, dan motivasi siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar minimal 75% dari keseluruhan  siswa  yang  telah  mendapat  nilai  minimal  76,7.  Penelitian  ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa soal kuis akhir siklus I dan siklus II. Instrumen non tes berupa lembar observasi, wawancara, dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif sedangkan data  nontes  menggunakan  teknik  kualitatif.  Hasil  keberhasilan  proses  pada penelitian ini adalah toleransi pada siklus I menunjukkan nilai tiga atau kategori cukup  dan  pada  siklus  II  menunjukkan  nilai  empat  atau  kategori  baik. Ketranpilan sosial siswa pada siklus I menunjukkan nilai tiga atau kategori cukup dan pada siklus II menunjukkan nilai empat atau kategori baik. Motivasi siswa pada siklus I menunjukkan nilai tiga atau kategori cukup dan pada siklus  II menunjukkan  nilai  empat  atau  kategori  baik.  Rata-rata  hasil  belajar  siswa sebelum  dilakukan tindakan  adalah  sebesar  65,37  dengan  ketuntasan  belajar sebesar 25%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,05 dengan ketuntasan belajar sebesar 52,78%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar  78,86  dengan  ketuntasan  belajar  sebesar  75%.  Berdasarkan  hasil penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan  metode  pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Turnamens (TGT) dapat meningkatkan toleransi, ketrampilan  sosial,  motivasi,  dan  hasil  belajar  siswa  pada  Pokok  Bahasan Membukukan  Jurnal  Umum  ke  Buku  Besar  kelas  X  Kompetensi  Keahlian Pemasaran 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 SMK Negeri 1 Salatiga.

Kata Kunci: TGT, toleransi, ketrampilan sosial, motivasi, hasil belajar.
File Selengkapnya.....




Tag Favorit :

9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I 9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I 9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I 9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I

Belum ada Komentar untuk "9. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Teams Game Turnamens (TGT) Pokok Bahasan Membukukan Jurnal Umum Ke Buku Besar Kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran 2 Semester I"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel