13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1

 ABSTRAK


Kata  kunci  :  hasil  belajar,  matematika,  model  pembelajaran  STAD  (    Student  Teams
Achievement Division    ).

Pada kondisi awal pembelajaran matematika di SDN Sumur 03 kelas II tahun ajaran 2011/2012 diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal itu dapat dilihat dari  analisis  hasil  evaluasi  sehingga  penulis  terdorong  untuk  melakukan  perbaikan pembelajaran  melalui  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Fokus  masalah  ini  dapat dirumuskan  dengan  pertanyaan  apakah  hasil  belajar  siswa  dalam  mata  pelajaran matematika  kelas  II  semester  1  tahun  ajaran  2011-2012  pada  SDN  Sumur  03 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dapat ditingkatkan melalui penggunaan model STAD
( Student Teams Achievement Division) dengan media manik-manik. Melalui penelitian ini
penulis  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  dengan  menerapkan
model  STAD  (    Student  Teams  Achievement  Division    )  melalui  media  manik-manik.
Hipotesis penelitian ini adalah penerapan pembelajaran model STAD (    Student Teams
Achievement  Division    )  dengan  media  manik-manik  dapat  meningkatkan  hasil  belajar
matematika tentang penjumlahan bilangan sampai 500 pada siswa SDN Sumur 03 kelas II semester 1 tahun ajaran 2011/2012 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. 
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar
dengan  menggunakan  model  pembelajaran  STAD  (    Student  Teams  Achievement
Division) dan menggunakan media manik-manik. 
Hasil  penelitian  ini  membuktikan  bahwa  prosentase  hasil  belajar  dalam pembelajaran meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil evaluasi rata-rata kelas 58,5 pada pra siklus menjadi 70,5 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal dari 35% pada pra siklus menjadi 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD (    Student
Teams  Achievement  Division    )  di  SDN  Sumur  03  kelas  II  dapat  ditingkatkan.  Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD
( Student Teams Achievement Division) dengan media manik-manik dapat meningkatkan
hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  matematika  tentang  penjumlahan  bilangan sampai 500 di SD Sumur 03 kelas II semester 1 tahun ajaran 2011/2012. 
 File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1 adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1 13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1 13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1 13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1

Belum ada Komentar untuk "13. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Dengan Media Manik- Manik Pada Siswa Kelas II SD Semester 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel