16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD


 BAB I 
PENDAHULUAN 
  
1.1 Latar Belakang
Matematika  adalah  ilmu  pasti.  Materi  dalam  pelajaran  ini  sebagian  besar menggunakan rumus. Salah satu materinya adalah geometri. Contoh bangun ruang seperti kubus, balok, tabung dan lain-lain. Penulis sebagai salah satu guru Matematika di kelas VI SD Wedarijaksa 03 menemui kesulitan dalam mengajarkan materi volume bangun ruang khususnya volume tabung atau silinder. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar dalam pelajaran Matematika.
Hasil belajar Matematika dapat optimal jika seluruh komponen pembelajaran tersedia  dan  berfungsi  secara  optimal  juga.  Salah  satu  komponen  keberhasilan pembelajaran  yang  memiliki  kontribusi  tinggi  adalah  desain  pembelajaran  yang dilakukan oleh guru. Desain pembelajaran dan peran aktif siswa secara intelektual dan emosional  kurang,  berdampak  pada  hasil  belajar  Matematika  yang  tidak  optimal. Kondisi tersebut terjadi kelas VI dimana dua kali ulangan harian Matematika hasilnya belum baik.
Hasil belajar Matematika tersebut di atas diperoleh siswa ketika guru mendesain pembelajarannya  belum  mengoptimalkan  peran  aktif  siswa  dalam  pembelajaran. Padahal sesuai dengan pembelajaran paradigma baru, siswa bukan lagi sebagai obyek namun  siswa  harus  menjadi  subjek  dalam  pembelajaran.  Oleh  karena  itu  desain pembelajaran yang dilakukan guru harus mengacu pada pembelajaran yang inovatif. Penulis ingin meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi volume  tabung. Dalam  penelitian ini  penulis  mencoba  untuk  menggunakan  media
pembelajaran bangun tabung dan pendekatan pembelajaran kooperatif Student Teams
Achievement Division (STAD). Hal ini dilakukan agar siswa lebih tertarik dan antusias
dalam mengikuti pelajaran ini. Dengan pendekatan ini diharapkan siswa lebih mudah dalam menelaah dan mengerti tentang materi bangun tabung yang diajarkan. Hal ini dapat memungkinkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

1.2 Permasalahan Penelitian
Berdasarkan  uraian  latar  belakang  ternyata  terjadi  kesenjangan  antara kenyataan dan harapan pada saat melakukan observasi di lapangan. Pada kenyataan hasil belajar Matematika Kelas VI SD Wedarijaksa 03 masih rendah terutama pada materi  geometri,  khususnya  geometri  bangun  ruang.  Harapan  yang  ingin  dicapai adanya  peningkatan  hasil belajar  dengan  menggunakan  pendekatan  pembelajaran
Student Teams Achievements Divisions (STAD) yang dapat mengaktifkan siswa dalam
belajar baik secara mental, fisik, maupun sosial.

1.3 Cara Pemecahan Masalah
Sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  Matematika,  penulis
menggunakan  pendekatan  pembelajaran Student  Teams  Achievements  Divisions
(STAD) yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar. Siswa mudah menelaah dan mengerti tentang volume bangun ruang, serta dapat menambah rasa kebersamaan pada siswa sehingga hasil belajar dapat meningkat.

1.4 Rumusan Masalah
Rumusan  masalah  dalam  tindakan  ini  adalah:  Apakah  melalui  penerapan
pendekatan  pembelajaran Student  Teams  Achievements  Divisions (STAD)  dapat
meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas VI SD Negeri Wedarijaksa 03?

1.5 Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.5.1 Tujuan
Untuk  meningkatkan  hasil  belajar  Matematika  siswa  kelas  VI  SD  Negeri Wedarijaksa 03 melalui penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif STAD.
1.5.2 Manfaat Penelitian
1. Bagi siswa
-  Dapat memacu dan memotivasi minat siswa.
-  Dapat meningkatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
-  Dapat menerima pengalaman baru melalui tutor sebaya.
-  Dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi guru
-  Mempemudah guru dalam mengajarkan materi bangun ruang.
-  Guru dapat mengetahui teori atau metode baru yang dapat meningkatkan
prestasi siswa.
3. Bagi sekolah
-  Menambah referensi PTK di sekolah
-  Menambah karya guru tentang PTK di sekolah
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD 16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD 16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD 16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD

Belum ada Komentar untuk "16. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Student Teams Achievement Divisons ( STAD ) Bagi Siswa Kelas VI SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel