18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II

ABSTRAK 


Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar, Matematika.

Latar belakang penelitian ini adalah seringnya guru dalam menyajikan materi pelajaran Matematika tanpa melibatkan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kurang optimal. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang kurang optimal dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai tidak tuntas pada kondisi awal yaitu dengan prosentase sebesar 39%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Group Investigation dengan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika  pada siswa kelas V SD Negeri 3 Rejosari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran  2011/2012?.  Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Rejosari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Rejosari Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran  2011/2012 yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis untuk memperoleh data hasil belajar Matematika dan observasi untuk melihat kinerja guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dengan ketuntasan klasikal 71% atau 38 siswa yang tuntas, meningkat pada siklus 2 yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 92% atau 35 siswa tuntas dari 38 siswa. 
Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran bahwa melalui model Pembelajaran Group Investigation akan mendapatkan teori baru tentang
peningkatan hasil belajar     Matematika siswa kelas V. Sebagai dasar untuk penelitian
selanjutnya. Siswa merasa tertarik dan mudah memahami materi pelajaran     Matematika 
melalui pendekatan inquiri dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Menemukan dan menjadi pengalaman menggunaka model Pembelajaran Group Investigation dalam model Pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil
belajar     Matematika pada siswa kelas V. Dapat digunakan untuk memotivasi guru, agar
dapat memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model Pembelajaran Group Investigation.
 File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II 18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II 18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II 18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II

Belum ada Komentar untuk "18. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Semester II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel