7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II

 ABSTRAK


Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Hasil Belajar ,

Pembelajaran yang  terjadi di  sekolah  masih didominasi guru  sehingga pembelajaran yang dilakukan di  sekolah kurang  efektif. Sebagai pendidik  harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Salah satu bentuk pembeharuan pembelajaran adalah dengan mengaitkan kehidupan yang  kongkrit, menggunakan  alat peraga, menarik  dan bermakna  bagi siswa.  Bukan masanya  lagi seorang  guru hanya mengandalkan ceramah dalam  menyampaikan  materi. Guru dituntut  untuk aktif  dan  kreatif membimbing peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika
realistik.
Jenis penelitian  ini  adalah penelitian  eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Geneng dan SDN Gersi Kecamatan Jepon  Kabupaten Blora dengan  jumlah 38 siswa. Analisis  perbedaan menggunakan analisis Independent Sample Test dengan bantuan program statistik
SPSS     16.0     for Windows    ., analisis ini digunakan  untuk  mengetahui  Pengaruh
pendekatan pembelajaran  matematika realistik materi sifat-sifat bangun ruang menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata     postest hasil belajar siswa
pada kelompok eksperimen sebesar 83,95, lebih besar dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol sebesar 73,95. Selisih rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 10,00. Sedangkan hasil penelitian dengan analisis data yang dilakukan dengan teknik uji t-tes diketahui bahwa nilai t adalah 3,373 dengan probabilitas signifikan sebesar 0,002. Berdasarkan hasil uji T-test dan nilai  signifikansi  0,002<0 ada="" alat="" analisis="" bahwa="" berdasarkan="" br="" dan="" dapat="" dari="" dengan="" disimpulkan="" eksperimen="" hasil="" kelas="" kontrol="" maka="" matematika="" menggunakan="" nbsp="" nilai="" pada="" pembelajaran="" pendekatan="" pengaruh="" peraga="" perbedaan="" postest="" rata-rata="" realistik..="" realistik="" selisih="" serta="" signifikan="" t-test="" teknik="" terdapat="" tidak="" uji="" yang="">materi  sifat-sifat bangun ruang  terhadap hasil belajar  siswa kelas V SDN 2
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II 7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II 7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II 7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II

Belum ada Komentar untuk "7. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Menggunakan Alat Peraga Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Semester II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel