34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii

 ABSTRAK


Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan Contextual Teaching Learning (menemukan sendiri).

Latar  belakang  masalah  dalam  penelitian  ini    di  dasarkan  adanya  tujuan pembelajaran IPA yang menuntut keterlibatan siswa untuk aktif dan mengaktualisasikan konsep materi yang sudah dipelajari. Salah satu cara untuk mengaktifkan siswa yakni dengan  menggunakan  pendekatan  contextual  teaching  learning  (CTL)  dengan menemukan sendiri konsep yang telah dipelajari.
Rumusan  permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah:  “Apakah  penggunaan
pendekatan     contextual  teaching  learning     (CTL)     dengan  menemukan  sendiri  dapat
meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Salatiga  12  kecamatan Sidorejo Kota Salatiga semester 2 tahun ajaran 2011/2012”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari C. Kemmis dan Mc Taggart, R dengan menggunakan
2  siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 12 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik non tes (observasi). Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang membandingkan antar siklus. meliputi mean, skor minimal-maksimal, persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan kompetensi  gaya  yang  dapat  mengubah  gerak  suatu  benda  melalui  penggunaan pendekatan CTL dengan menemukan sendiri. Hal ini nampak pada peningkatan hasil perbandingan antara siklus. Skor rata-rata yang diperoleh di kondisi pra siklus sebesar 74,51 naik menjadi 92,42 pada siklus 1 dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 94,76. Adapun ketuntasan belajar klasikal pada kondisi pra siklus 67,57 %, siklus I naik menjadi 78,38%  dan pada siklus 2 naik menjadi 100%. Sedangkan skor minimal pada kondisi prasiklus sebesar 46, pada siklus 1 naik menjadi 75,33 dan pada siklus 2 tetap 90,17. Sedangkan skor maksimal pada kondisi prasiklus 96 dan siklus 1 sebesar 99,42 dan siklus
2  naik menjadi 99,75.
Hasil penelitian ini disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA SD dengan  menyesuaikan  kompetensi  yang  akan  dicapai dan  hasil  penelitian  ini  dapat dikembangkan  dalam  penelitian  yang  terkait  dengan  pendekatan  pembelajaran  dan penilaian hasil belajar siswa.
 File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii 34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii 34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii 34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii

Belum ada Komentar untuk "34. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Menemukan Sendiri Siswa Kelas IV SD Semester Ii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel