44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat

ABSTRAK  

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)  TERHADAP  KEPUASAN MASYARAKAT: STUDI  DI  KABUPATEN LAMPUNG UTARA  

Kata Kunci: kartu tanda penduduk (KTP),  kualitas pelayanan,  kepuasan masyarakat. Salah  satu  pelayanan  pemerintah  yang  dibutuhkan  masyarakat  adalah  pembuatan  Kartu  Tanda  Penduduk  (KTP).   KTP  merupakan  dokumen  bukti  kependudukan  di  satu  daerah  yang  disyaratkan  dimiliki  oleh  anggota  masyarakat.  Adanya keluhan sebagian masyarakat dan anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara  terhadap  pelayanan  KTP  mendorongnya  penelitian  ini,  dengan  tujuan  untuk  mengetahui  persepsi  masyarakat  atas  kualitas  pelayanan  KTP  di  Kantor  Dinas  Kependudukan,  Catatan  Sipil  dan  Keluarga  Berencana   terhadap  kepuasan  masyarakat.
Penelitian  ini  termasuk  dalam  lingkup  studi  pemeri ntahan  daerah  dan  manajemen pelayanan publik, dengan analisis kausalitas  yang datanya  dikumpulkan  melalui survei dengan pengambilan sampel sebanyak 50 orang  dari populasi  anggota  masyarakat yang sedang membuat atau mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di  Kantor  Dinas  Kependudukan,  Catatan  Sipil  dan  Keluarga  Berencana  Kabupaten  Lampung Utara pada periode bulan  Oktober 2007. Kualitas pelayanan  yang diteliti atas   empat variabel   yaitu (X1) kecepatan,  (X2) ketepatan, (X3) kemudahan, dan (X4) keadilan) diukur melalui kuesioner dengan  14  butir  pernyataan  sedangkan  kepuasan  masyarakat  atau  Varibel  (Y)  melalui  kumpulan/kompilasi  nilai  faktor   kualitas  pelayanan.   Selanjutnya  frekuensi  tanggapan  responden  ditabulasikan  dalam  bentuk  skor,  kemudian  dilakukan  perhitungan  berdasarkan  metode  Service  Quality   yaitu  membandingkan  kinerja  kualitas  pelayanan  yang  diterima  dengan  nilai  harapan  yang  diinginkan  konsumen/masyarakat. Sedangkan  untuk pembuktian hipotesis  dilakukan  Uji F dan  Regresi  Berganda  untuk  mengetahui  besaran  pengaruh/determinasi  dari  masing-masing variabel bebas (X)  terhadap kepuasan masyarakat (Y). Angka  Service   Quality  kepuasan  masyarakat  terhadap  kualitas  pelayanan  KTP  yang  diperoleh  dari  penelitian  mencerminkan  ketidak  puasan  masyarakat  (dengan nilai 51,5%   dari nilai menimal  52%.) hal tersebut disebabkan  karena  dari  empat  variabel  kualitas  pelayanan  ternyata  variabel    kecepatan  dan   ketepatan   termasuk   kedalam  kategori   buruk,  sedangkan   untuk  variabel  kemudahan   dan  keadilan   termasuk  kategori  cukup/biasa  saja.   Hasil  uji  hipotesis  menunjukkan bahwa kualitas pelayanan KTP mempunyai pengaruh signifikan dan positif  terhadap  kepuasan  masyarakat,  yaitu  78,1%   sedangkan  sisanya  (21,9  %)  dipengaruhi  oleh  faktor lain.  Jadi secara empirik hipotesis yang diajukan  terbukti atau dapat diterima.  Berdasarkan  model persamaan regresi  empat variabel  yang mempengaruhi kualitas  pelayanan KTP ternyata variabel   keadilan memberikan kontribusi terbesar terhadap  rasa  kepuasan  masyarakat  yaitu  sebesar  40,3%,   sedangkan  variabel  lainnya  yaitu:   kemudahan  memberikan  kontribusi  34,0%,  ketepatan  (14,7%),  dan  kecepatan   (11,0%).



Tag Favorit :

44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat 44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat 44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat 44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat

Belum ada Komentar untuk "44. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Terhadap Kepuasan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel