23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip

ABSTRAK

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam berbagai kegiatan main di Kelompok B TK se-Gugus Parkit, Banyuurip Purworejo. Latar belakang mengambil penelitian ini karena adanya perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam berbagai kegiatan main yang dilakukan belum sesuai dengan tujuan pencapaian perkembangan keterampilan motorik halus.
Penelitian ini merupakan penelitian campuran antara deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Subjek penelitian  adalah  97  anak  Kelompok  B TK  se-Gugus Parkit,   sedangkan   objek penelitiannya adalah   perkembangan   keterampilan motorik halus yang meliputi kemampuan pergerakan jari-jemari tangan, kemampuan pergerakan  pergelangan tangan,  dan kemampuan koordinasi mata dengan tangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan panduan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif,   dengan menggabungkan antara gambaran keadaan ketika observasi dan menghitung data yang berupa angka kemudian keduanya dideskripsikan.
Perkembangan keterampilan motorik halus anak Kelompok B TK se- Gugus Parkit secara keseluruhan pada 8 kegiatan main yaitu menggunting, menempel, mewarnai, menganyam, meronce, membentuk, mengarsir, dan menyalin kata atau angka. Secara keseluruhan hasil penelitian dapat dilihat dari 97 anak diantaranya: 1) kategori MB (Mulai Berkembang) sebesar 4.1%; 2) kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 16.5%; dan 3) kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) sebesar 79.4%. Perkembangan keterampilan motorik halus yang meliputi keterampilan pergerakan jari-jemari tangan, keterampilan pergerakan pergelangan tangan, dan keterampilan koordinasi mata dengan tangan, khususnya pada keterampilan koordinasi mata dengan tangan masih banyak dalam kategori MB (Mulai Berkembang).

Kata kunci: perkembangan motorik halus, kegiatan main ,anak TK kelompok B

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip 23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip 23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip 23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip

Belum ada Komentar untuk "23. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok B Tk Se-Gugus Parkit Banyuurip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel