26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri pada kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Islam Terbuka Ulul Albab 5 Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 di TK IT Ulul Albab 5 Purworejo. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bangun geometri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi  dan  dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Cara meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri dengan menggunakan geoboard/papan berpaku, antara lain: (1) guru mengkomunikasikan terlebih  dahulu  papan  yang digunakan  dalam pembelajaran  bangun  geometri adalah geoboard/papan berpaku, (2) guru menjelaskan kepada anak kegiatan yang dilakukan dan cara menggunakan geoboard/papan berpaku menggunakan karet gelang,(3)    anak    maju    kedepan    membentuk    bangun    geometri pada geoboard/papan berpaku, (4) Setelah semua anak maju untuk membuat bangun geometri  pada geoboard/papan  berpaku,  anak  diberi  penjelasan  oleh  guru memberi pertanyaan benda-benda disekitar anak yang memiliki bangun geometri, mempunyai berapa sisi pada masing-masing anak dan mengurutkan bangun geometri, (5) guru memberikan motivasi dan reward kepada anak berupa “tanda bintang” sehingga diharapkan anak lebih berani. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian dimana siklus pertama terjadi peningkatan dari 53,7% menjadi 64,9% pada tahap pengenalan, dari 52,3% menjadi  78,6%  pada  tahap  analisis, dan  pada  tahap pengurutan  dari  61,1% menjadi 78,4%. Pada siklus kedua peningkatan terjadi. Adapun peningkatan pada siklus kedua menjadi 92,1% pada tahap pengenalan, 88% pada tahap analisis dan
91,2% pada tahap pengurutan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa papan geoboard/papan berpaku dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri pada kelompok A1 di TK IT Ulul Albab 5 Purworejo.

Kata kunci: bangun geometri, papan geoboard/papan berpaku
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo 26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo 26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo 26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo

Belum ada Komentar untuk "26. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Geometri Menggunakan Geoboard (Papan Berpaku) Di Kelompok A1 Tk It Ulul Albab 5 Purworejo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel