31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku kreatif anak TK Kelompok A dalam kegiatan Finger Painting, di TK ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu 16 anak TK Kelompok A. Objek penelitian berupa perilaku kreatif anak TK Kelompok A dalam kegiatan finger painting. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi partisipatif, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Miles  dan  Huberman.  Sedangkan  instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan triangulasi.
Hasil  penelitian  menunjukkan  perilaku  kreatif  anak  TK  Kelompok  A dalam kegiatan finger painting sebagai berikut: 1) Anak TK Kelompok A bebas berekspresi dan berkreasi, sehingga fluency (kelancaran) dalam berkarya dapat menciptakan berbagai macam simbol bentuk. 2) Flexibility (keluwesan) anak dalam berkarya  menghasilkan  karya  yang  memiliki  kreativitas  tinggi dengan  simbol bentuk dengan ide yang berbeda dan simbol bentuk yang diciptakan memiliki campuran dan komposisi warna yang menarik. 3) Elaboration (keterperincian) anak dalam bercerita diketahui dari hasil wawancara. Hasil wawancara tersebut menceritakan makna yang ada dalam lukisan berupa ide, gagasan, dan imajinasi anak. Perilaku anak TK Kelompok A menunjukkan bahwa mereka mampu menyampaikan makna yang terkandung dalam karya yang diciptakan. Namun, ada satu orang anak yang belum mampu menyampaikan ide, gagasan, dan imajinasi yang dimiliki. Anak tersebut hanya diam. 4) Originality (keaslian) anak dalam berkarya  ditunjukkan pada saat  proses melukis  yaitu  anak  menciptakan  simbol bentuk dengan mandiri dan percaya diri. 5) Anak TK Kelompok A memiliki sensitivity (kepekaan) yang baik, karena mampu merespon penjelasan dengan cepat.

Kata kunci: perilaku kreatif, finger painting, TK Kelompok A
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting 31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting 31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting 31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting

Belum ada Komentar untuk "31. Perilaku Kreatif Anak Tk ABA Ngabean I Banyurejo Tempel Sleman Kelompok A Dalam Kegiatan Finger Painting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel