179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta

ABSTRAK

Penelitian  ini bertujuan  untuk  proses  pembelajaran  berbicara  dan peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media grafis pada siswa kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta.Penelitian difokuskan pada peningkatan aspek- aspek  berbicara  baik faktor  kebahasaan maupun  non kebahasaan  dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan di SDN Tukangan Yogyakarta.subjek penelitiannya adalah siswa kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta sebanyak 28 orang dan objek penelitian   ini  adalah peningkatan   keterampilan   berbicara  dan  perilaku  atau aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran berbicara menggunakan media grafis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom). Penelitian  ini dilakukan  secara kolaboratif  dan partisipatif  bekerjasama dengan guru bahasa  Indonesia  kelas  IIIA.  Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  tes berbicara, pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan atau checklist.Penelitian ini menggunakan   teknik  analisis   deskriptif   kualitatif   yang  didukung   oleh  data kuantitatif.
Berdasarkan  hasil penelitian,  pembelajaran  keterampilan  berbicara dengan media grafis (puzzle dan poster) dapat meningkatkan kemampuan siswa baik pada aspek kebahasaan maupun non kebahasaan.pada prasiklus keterampilan berbicara siswa  mencapai  skor  48,69  atau  dalam  kategori cukup,  maka  pada  siklus  I mengalami   peningkatan   menjadi   59,88   atau   keterampilan   berbicara   dalam kategori cukup, sehingga perlu dilakukan peningkatan keterampilan berbicara. Kondisi   pada   siklus   II   menunjukkan   bahwa   keterampilan   berbicara   siswa mencapai skor 81,40 atau termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penggunaan media grafis yang meliputi media puzzle dan poster   dapat   meningkatkan   keterampilan   berbicara   siswa   kelas   IIIA   SDN Tukangan Yogyakarta.

Katakunci : keterampilan berbicara, media grafis, media puzzle, media poster
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta 179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta 179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta 179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta

Belum ada Komentar untuk "179. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Grafis Pada Siswa Kelas IIIA SDN Tukangan Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel