219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri

ABSTRAK

Tingkat berfikir siswa kelas IV SD yang masih berada pada tahap operasional kongkrit, menjadikan siswa belum mampu memahami materi yang bersifat abstrak. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media buku pop-up. Media ini berbentuk buku yang berisi tentang materi yang akan dipelajari, namun buku ini disajikan dengan bentuk yang lebih inovatif, sehingga mampu membuat pembaca fokus pada buku yang sedang dibaca. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan media buku pop-up terhadap minat dan hasil belajar siswa materi seni rupa murni kelas IV SD Negeri 1 Jombor Kabupaten Temanggung.
Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan populasi 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, atau  seluruh populasi penelitian adalah sampel penelitian, dengan jumlah sampel untuk kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan 20 siswa merupakan sampel dari kelas kontrol. Variabel penelitian dalam penelitian ini sebanyak tiga variabel, yaitu media pembelajaran buku pop-up, minat dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket.Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis statistik. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS) versi 21, diantaranya adalah penghitungan validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan   Independent   Sample   T   Test   diperoleh,   nilai 2,553>2.023 (thitung  > ttabel) dengan signifikansi 0,015 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan   one sample t-test dengan nilai thitung  (3,874) > ttabel (2,086) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa, diperoleh nilai thitung (2,824) > ttabel (2,023) dengan signifikansi 0,007 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan diperoleh thitung  (4,367) > ttabel (2,086)  serta  signifikansi  sebesar  0,000.  Jadi  dapat  disimpulkan  bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media buku pop-up dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan buku pop-up. Selain itu,  media buku pop- up efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV materi seni rupa murni.

Kata Kunci: hasil belajar; media pembelajaran buku pop-up; minat belajar.


Tag Favorit :

219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri 219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri 219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri 219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri

Belum ada Komentar untuk "219. Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Seni Rupa Murni Kelas Iv Sd Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel