82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal

ABSTRAK

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dialami oleh seorang anak ketika dilahirkan ke dunia, dan selama masa prasekolah, keluarga merupakan agen sosial yang paling penting. Ketika banyak orangtua yang bekerja, pengasuhan anak beralih kepada kerabat dekat yaitu nenek/ kakek, dalam pola asuh antara orangtua dan grandparent memiliki ciri khas tersendiri, tetapi mereka memiliki harapan yang sama yaitu anak menjadi seorang yang mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari subyek pengasuh (orangtua dan grandparent).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi,  yaitu penelitian  membandingkan  antara  dua  atau  lebih  kelompok dalam satu variable. Populasi dalam penelitin ini adalah yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang bersekolah di TK Kartini 1 dan TK Kartini 2 Wonoketingal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel anak usia 5-6 tahun di TK Kartini 1 dan TK Kartini 2 Desa Wonoketingal, dan yang diasuh oleh orangtua dan grandparenting. Metode analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada perbedaan kemandirian anak antara yang diasuh oleh orangtua dan grandparents. Jadi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian anak antara yang diasuh oleh orangtua dan grandparents.  Rata-rata  tingkat  kemandirian  anak  usia  dini  yang  diasuh  oleH grandparents lebih tinggi daripada anak usia dini yang diasuh oleh orangtua. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku kemandirian anak di sekolah yaitu anak oleh pengasuhan grandparent berangkat dengan bersepeda sendiri, sedangkan anak yang diasuh oleh orangtua selalu diantar ke sekolah.
Orangtua hendaknya memberikan kepercayaan kepada anak untuk bereksplorasi dan belajar kecakapan sehari-hari. Guru juga hendaknya menjadi contoh yang baik utuk anak selama di sekolah dengan mengajari anak belajar mandiri sedini mungkin agar anak tidak selalu bergantung kepada orang lain. Bagi peneliti selanjutnya dapat lebih memperdalam lagi tingkat kemandirian salah satu subyek pengasuhan dengan melihat dari perspektif lain, misalnya melihat cara pengasuhanya dan alasan-alasan tentang bagaimana anak tersebut dapat mandiri
sejak dini.

Kata kunci : Kemandirian, Pengasuhan Orangtua, Grandparenting.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal 82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal 82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal 82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal

Belum ada Komentar untuk "82. Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Subyek Pengasuh (Orangtua Dan Grandparent) Di Tk Kartini 1 Dan Tk Kartini 2 Wonoketingal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel