86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun

ABSTRAK

Disiplin lalu lintas adalah segala perilaku pengguna jalan baik bermotor ataupun tidak di jalan raya yang sesuai dengan undang-undang ataupun peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Penanaman kedisiplinan lalu lintas harus dilakukan sedini mungkin kepada anak sehingga kedisiplinan lalu lintas pada anak dapat   diterapkan   di   masyarakat.   Penerapan   pembelajaran melalui   bermain simulasi lalu lintas merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanamkan  kedisiplinan  lalu  lintas  anak  usia  5-6  tahun.  Rumusan  masalah dalam penelitian ini adalah ragam permainan apa yang di terapkan dalam pembelajaran melalui bermain simulasi lalu lintas terhadap kedisiplinan anak di TK?dan apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran melalui bermain simulasi lalu lintas terhadap kedisiplinan anak di TK?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ragam permainan yang di terapkan dalam pembelajaran melalui bermain simulasi lalu lintas terhadap kedisiplinan anak di TK dan untuk mengetahui  pengaruh  penerapan  pembelajaran melalui  bermain  simulasi  lalu lintas terhadap kedisiplinan anak di TK.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Bhayangkari Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Sampel yaitu, TK Kemala Bhayangkari 90 kelompok TK B sebanyak 30 anak dan TK Kemala Bhayangkari 08 kelompok TK B sebanyak 30 anak. Ragam permainan yang di terapkan dalam pembelajaran melalui bermain simulasi lalu lintas terhadap kedisiplinan usia 5-6 tahun adalah peraturandasar untuk  orang  berjalan, peraturan  dasar  untuk  pengendara  sepeda,  pengenalan rambu lalu lintas untuk anak, dan pemberian informasi pemakaian helm dan sikapyang baik saat berada di atas motor
Setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen terdapat peningkatan pada kedisiplinan lalu lintas anak, terlihat dari mean (rata-rata) pada kelompok eksperimen sebesar 103.87 dan kelompok kontrol sebesar 72.87. Hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa skor yang didapat kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol dengan selisih sebesar 31,0 serta nilai thitung pada posttest sebesar 10.282 dengan Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05 yang menandakan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran   melalui   bermain simulasi   lalu   lintas   untuk   meningkatkan kedisiplinan lalu lintas anak.

Kata Kunci: pembelajaran melalui bermain, simulasi lalu lintas, kedisiplinan lalu lintas, anak usia 5-6 tahun.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun 86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun 86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun 86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun

Belum ada Komentar untuk "86. Pembelajaran Melalui Bermain Simulasi Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel