100. Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda

ABSTRAK

Penggunaan media pasir berwarna dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui pasir berwarna yaitu aspek perkembangan motorik halus dan kognitif anak. Dalam penelitian ini peneliti lebih fokus pada aspek perkembangan kognitif karena  pasir  berwarna  dapat  digunakan  sebagai  media pembelajaran  untuk menstimulus perkembangan kognitif anak yang mencakup pengenalan pengetahuan  umum,  sains,  pengenalan konsep,  ukuran,  bentuk  dan  pola. Tenaga pendidik Paud Permata Bunda masih kesulitan dalam memanfaatkan bahan alam dari lingkungan sekitar sehingga dalam pembelajaran sehari-hari sering dijumpai penggunaan lembar kerja, padahal lingkungan sekitar menyediakan bahan-bahan yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran sehari-hari  yang dapat dieksplor oleh pendidik, peserta didik maupun orang tua, sehingga kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan.
Menurut Anggani Sudono (2000:7) media atau sumber belajar adalah alat yang memberikan informasi maupun berbagai ketrampilan kepada peserta didik maupun pendidik, antara lain buku referensi, buku cerita, gambar-gambar, narasumber, benda, atau hasil-hasil budaya. Menurut Anggani Sudono (2000:115) anak-anak suka bereksplorasi dengan tanah, lumpur dan pasir, dan kekayaan bereksperimen dengan pasir tidak ternilai harganya. Menurut Femi Olivia (2008:68) berdasarkan riset terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak dapat mempertahankan pesan sekitar 40% lebih baik jika ditampilkan dalam warna.
Populasi penelitian ini adalah Paud Permata Bunda. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling kuota. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di Paud Permata Bunda Kabupaten Sragen sebanyak 30 anak. Hasil penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang pada perkembangan kognitif anak, terlihat dari hasil skor setelah perlakuan (posttest) tertinggi yaitu 107 dan skor terendah 75 lebih baik dari skor tertinggi sebelum perlakuan (pretest) yaitu 84 dan skor terendah 61 serta nilai sig.(2-tailed) = 0,000<0 a="" adanya="" anak.="" bahwa="" berwarna="" dan="" dengan="" diterima="" kognitif="" media="" menandakan="" menunjukkan="" nbsp="" p="" pasir="" pembelajaran="" pengaruh="" penggunaan="" perbedaan="" perkembangan="" perlakuan="" saat="" sebagai="" sebelum="" sehingga="" sesudah="" signifikan="" terdapat="" terhadap="" yang="">

Kata  Kunci:  pasir  berwarna,  media  pembelajaran,  perkembangan kognitif.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

100. Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

100.  Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda 100.  Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda 100.  Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda 100.  Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda

Belum ada Komentar untuk "100. Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Permata Bunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel