226. Korelasi antara Kebiasaan Belajar Efektif dengan Prestasi Belajar Siswa MI
ABSTRAK Kegiatan belajar merupakan proses pendidikan di sekolah. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Kebiasaan memiliki arti penting dalam meningkatkan ataupun menurunya prestasi belajar. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang efektif cenderung hidup dengan penuh disiplin dan tanggung jawab dalam setiap tindakan belajarnya untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Kebiasaan belajar efektif bukan bawaan dari lahir, tetapi dapat dibentuk dan ditanamkan pada siswa sejak sedini mungkin sebelum siswa berada pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Peran serta orangtua sangat mendukung dalam pembentukan kebiasaan belajar yang efektif, karena untuk pertama kalinya pendidikan diperkenalkan oleh komunitas terdekat dalam lingkup terkecil yaitu keluarga. Dalam hal ini kondisi yang paling tepat untuk menanamkan kebiasaan belajar dan pengisian waktu luang yang efektif dan terarah adalah siswa sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan pendidikan formal untuk pertama kalinya dilalui oleh siswa dan merupakan sistem terpanjang dalam pendidikan di Indonesia karena ditempuh dalam jangka waktu enam tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ? (3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik ?. Berangkat dari rumusan masalah di atas maka penelitian ini memiliki tujuan antara lain: (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (2) Untuk mengatahui prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas adalah kebiasaan belajar efektif dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4, dan 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) Bedanten, Gresik, dengan jumlah subjek seluruhnya adalah 60 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas dengan bentuk sampling purposive 13 (bertujuan) yaitu dengan maksud untuk tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu metode dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan metode angket untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur. Alat ukur ini harus baik dan berkualitas supaya memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dari alat ukur yang digunakan. Pada penelitian ini akan mengungkap aspek-aspek yang terdapat pada angket kebiasan belajar dan angket pengisian waktu luang, yang diberikan pada subjek penelitian yang terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik. Model analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi bivriate. Analisis yang digunakan adalah program SPSS 15.0 For Windows dari MS Windows XP. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Dengan menggunakan metode analisis korelasi ditemukan bahwa hipotesis penelitian tersebut diterima. Hal ini disebabkan variabel bebas dan variabel tergantung yang dihipotesiskan memiliki korelasi positif yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0.610 (p < 0,05).
Tag Favorit :
226. Korelasi antara Kebiasaan Belajar Efektif dengan Prestasi Belajar Siswa MI adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "226. Korelasi antara Kebiasaan Belajar Efektif dengan Prestasi Belajar Siswa MI"
Posting Komentar