107. Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III
ABSTRAK Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib yang diberikan kepada siswa Madrasah Tsanawiyah kelas VII sampai IX. Mata pelajaran ini diberikan dengan tujuan untuk membekali lulusannya dengan berbagai kemampuan dan pemahaman. Namun tidak semua siswa mendapat nilai yang memuaskan setelah belajar ekonomi. Siswa yang mengalami kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi yaitu siswa yang nilainya kurang dari 7,5, tersebut merupakan indikator adanya kesulitan bagi siswa dalam belajar ekonomi. Kesulitan belajar tersebut bisa berasal dari dalam diri siswa sendiri (faktor internal) dan juga dapat berasal dari luar siswa (faktor eksternal). Dalam penelitian ini didominasi oleh faktor internal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar ekonomi bagi siswa dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam proses mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. di sini penulis sertakan tabel sebagai data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase, dimana persentase yang tertinggi nantinya yang menjadi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama adalah faktor yang yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar ekonomi didominasi oleh taraf intelegensi, persiapan dan kebiasaan belajar, minat belajar siswa, kecakapan mengikuti pelajaran, perhatian orang tua (berhubungan dengan cara mendidik), teman bergaul, tugas rumah, metode belajar dan keadaan ekonomi keluarga. Dan yang kedua adalah upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar adalah meningkatkan minat belajar siswa untuk mengikuti pelajaran ekonomi, memberikan motivasi bagi siswanya dan memperkuat semangat dalam jiwanya, menambah jam di luar jam pelajaran sekolah, pemanfaatan sumber belajar, seringnya memberi tugas (PR), meningkatkan motivasi belajar. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skipsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Tag Favorit :
107. Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "107. Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Malang III"
Posting Komentar