5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran

 ABSTRAK 


Permasalahan  yang dikaji  adalah  apakah dengan penggunaan metode pembelajaran  model  tutor  sebaya  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  dalam pembelajaran pengoperasian alat hitung kelas X pemasaran-1 semester II SMK Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapakah penggunaan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran    pengoperasian  alat  hitung.  Keberhasilan  proses  dinyatakan berhasil bila rata-rata aktifitas belajar siswa sudah mencapai scor ≥ 80 dan aktifitas siswa sudah mencapai scor ≥ 4 atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 80% dari keseluruhan siswa.
Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  tindakan  kelas,  subjek penelitian ini adalah siswa kelas X pemasaran-1 SMK Negeri 1 Salatiga yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan  refleksi.  Data  diperoleh  dari  instrumen  tes  akhir  siklus  I  dan  siklus  II. Analisis data tes dilakukan dengan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif.
Hasil proses adalah keaktifan siswa siklus I menunjukan nilai rata-rata sebesar 3.31 atau kategori cukup dan pada siklus II menunjukan nilai rata-rata 4.49 atau kategori baik. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 65.69 dan ketuntasan belajar  sebesar 13.88%. Rata-rata  hasil belajar pada siklus I sebesar 77.55 dan ketuntasan belajar sebesar 55.55% . Rata-rata  hasil  belajar  pada  siklus  II  sebesar  89.02  dan  ketuntasan  belajar sebesar 100%.
Dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan  metode  Tutor  Sebaya  dapat meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  kompetensi  kejuruan pokok  bahasan  pengoperasian  alat  hitung  kelas  X-1  Program  Keahlian Pemasaran  Semester II SMK Negeri 1 Salatiga

Kata Kunci : Tutor sebaya, hasil belajar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran 5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran 5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran 5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran

Belum ada Komentar untuk "5. Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajarn Pengoprasian Alat Hitung Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel