6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK

 ABSTRAK


Proses  pembelajaran  di  kelas  membutuhkan  interaksi  antara  guru  dan siswa.  Hal tersebut dapat terjadi apabila proses pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat, sehingga mendukung keaktifan siswa di kelas. Keaktifan siswa di kelas berdampak juga pada hasil belajar siswa. Kenyataannya, saat pembelajaran berlangsung guru menggunakan metode ceramah, sehingga siswa di dalam kelas tampak pasif karena pembelajaran didominasi oleh guru. Selain itu hasil belajar siswa masih dibawah KriteriaKetuntasan Minimal. Permasalahan  yang  dikaji  dalm  penelitian  ini  adalah  apakah  dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)  pada  kompetensi  dasar  melaksanakan  komunikasi  bisnis  dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siwa kelas X pemasaran 2 SMK Negeri
1   Salatiga.  Keberhasilan  proses  dinyatakan  berhasil  bila  rata-rata  keaktifan siswa lebih dari atau sama dengan 75%.  Ketuntasan belajar siswa minimal 75% dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 76,7.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes dan non tes. Instrument tes berupa soal kuis di akhir siklus I dan siklus II. Instrumen non tes berupa lembar observasi dan angket. 
Hasil keberhasilan pada penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan dan  hasil  belajar  siswa.  Presentase  keaktifan  kondisi  awal  sebesar  43,13%, setelah adanya tindakan meningkat 51,7% pada siklus I dan siklus II meningkat menjadi 82,3%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu kondisi awal hanya enam siswa (17,64%)dari tiga puluh empat siswa yang tuntas. Setelah adanya  tindakan,  jumlah  siswa  yang    meningkat  menjadi  tiga  belas  siswa    (40,7% ) saat siklus I dan siklus II meningkat menjadi  dua puluh tujuh siswa (79,41% ) siswa.
Berdasarkan  hasil  penelitian,  dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kompetensi dasar melaksanakan komunikasi bisnis dapat meningkatkan  keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Salatiga. Sebagai bahan pertimbangan, bagi siswa setelah mengikuti  pembelajaran dengan tipe STAD lebih dapat  meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini perlu dukungan dari guru agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran agar prestasi siswa meningkat. 

Kata kunci : STAD, keaktifan dan hasil belajar
 File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK 6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK 6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK 6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK

Belum ada Komentar untuk "6. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Kompetensi Dasar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel