7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK

ABSTRAK 


Keaktifan siswa merupakan salah satu unsur yang penting dalam menentukan kesuksesan belajar, maka dari itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa. Dalam kenyataannya metode ceramah merupakan metode yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas mengenai kegiatan  belajar  mengajar  di  sekolah.  Salah  satu  metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Cooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Permasalahan yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  apakah  dengan penggunaan model pembelajaran Cooperatif tipe TGT (Teams Games  Tournament)  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  Mencatat  Dikte  Program Keahlian Administrasi Perkantoran pokok bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan  Huruf Hidup kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran  2011-2012  di  SMK  Kristen  Salatiga.  Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Cooperatif tipe  TGT  (Teams  Games  Tournament)  dapat  meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Mencatat  Dikte  Program  Keahlian  Administrasi  Perkantoran pokok bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan  Huruf Hidup kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012 di SMK Kristen Salatiga.  Keberhasilan  proses  yang  dinyatakan  berhasil  bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 %. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal
70.     Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas  X.3 program keahlian  Administrasi  Perkantoran.  Penelitian  ini  terdiri  dari dua  siklus,  tiap  siklus  terdiri  dari  perencanaan,  tindakan, observasi  dan  refleksi.  Data    penelitian  ini  diperoleh  dari instrumen  tes  berupa  soal  tes  akhir  siklus  I  dan  siklus  II. Sementara itu, instrumen nontes berupa lembar observasi dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif Hasil penelitian ini adalah sebelum tindakan rata-rata
hasil belajar yang disapai siswa sebesar     48,53     dan ketuntasan
hasil belajar sebesar     21,88%.     Rata-rata hasil belajar siswa pada
siklus  I  sebesar     84,83     dan  ketuntasan  hasil  belajar  sebesar
89,66%.     Rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  II  sebesar
93,37     dan ketuntasan belajar  sebesar     96,67%.     Sedangkan untuk   
aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar  75,29%. Sedangkan
pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 89,41%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran  Stenografi  Program  Keahlian  Administrasi Perkantoran  pokok  bahasan  Sambungan  Huruf  Mati  Dengan  Huruf Hidup kelas X.3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012 di SMK Kristen Salatiga. 

Kata kunci : TGT, aktivitas, dan hasil belajar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK 7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK 7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK 7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK

Belum ada Komentar untuk "7. Penigkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Mencatat Dikte Pokok Bahasan Sambungan Huruf Mati Dengan Huruf Hidup Kelas X SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel