7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.

Metode sosiodrama merupakan suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisaikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial. Sosiodrama merupakan alat pengajaran massal, pendengar harus benar-benar mengikuti jalannya sosiodrama. Pada akhir sosiodrama, pada suatu titik dimana telah timbul beberapa alternatif pemecahan soal yang disosiodramakan, pendengar dimintai pendapat lalu dipilih orang-orang tertentu untuk tampil ke depan mensosiodramakan persoalan menurut pandangan mereka. Sosiodrama ini memiliki kelebihan dapat berkesan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa, menarik bagi siswa dan membangkitkan semangat dalam pembelajaran SKI pada materi Isra’ Mi’raj yang selama ini dilakukan secara konvensional dan monoton.
Dari permasalahan di atas, maka kami rumuskan beberapa permasalahan yang nantinya akan kami jadikan titik tolak dalam penelitian kami ini, yaitu :
  1. Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang?
  2. Apakah penerapan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang?
Untuk menemukan solusi terebut, penulis mengadakan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitia PTK termasuk dalam penelitian kualitatif.Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 sampai siklus II. Pembelajaran dengan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang. Siswa juga mengalami kemajuan dalam penilaian antusias dalam mengikuti pembelajaran.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV 7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV 7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV 7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV

Belum ada Komentar untuk "7. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel