8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode, STAD, Hasil Belajar, Geometri.

Geometri merupakan salah satu materi yang dipelajari mulai kelas 1 MI/SD melalui bangun-bangun yang akrab dengan lingkungan siswa. Dengan mempelajari geometri dapat menumbuhkan kemampuan berpikir secara logis pada diri siswa. Mengingat peran geometri dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan Matematika, maka materi geometri perlu dipahami dengan baik dan benar oleh siswa MI/SD. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah pemilihan metode yang tepat dari seorang guru dalam menyampaikan materi. Dalam realitanya di sekolah guru masih sering menggunakan metode konvensional dalam mengajar sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Selain itu, siswa tidak diperbolehkan berdiskusi dengan temannya. Hal ini akan membuat siswa kurang aktif bekerja sama dan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang sebagian besar di bawah KKM sekolah. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode STAD sebagai salah satu metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
  1. Untuk mengetahui proses perencanaan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. 
  2. Untuk mengetahui proses penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. 
  3. Untuk mengetahui proses mengevaluasi penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru Matematika kelas V A dan siswa kelas V A di MI Sunan Kalijogo. Sedangkan untuk menganalisisnya, data-data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantatif, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V 8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V 8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V 8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V

Belum ada Komentar untuk "8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel