1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK

BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah
Banyak  negara  mengakui  bahwa  persoalan  pendidikan  merupakan persoalan  yang  pelik.  Bangsa  yang  ingin  maju,  membangun,  dan  berusaha memperbaiki keadaan masyarakat dan dunia tentu mengatakan bahwa pendidikan merupakan  kunci,  dan  tanpa  kunci  itu  usaha  mereka  akan  gagal.  Namun,  di Negara-negara  berkembang  adopsi  sistem  pendidikan  dari  luar  sering  kali mengalami kesulitan untuk berkembang. Cara dan sistem pendidikan yang sering menjadi sasaran kritik dan kecaman karena seluruh daya guna sistem pendidikan tersebut diragukan. (Asri Budiningsih, 2005:1).
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, dalam Muklis (1999:35) adalah daya  upaya  untuk  memajukan  perkembangan  budi  pekerti    (kekuatan  batin), pikiran  (  intelek)  dan  jasmani  anak.  Maksudnya  adalah  supaya  kita  dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu kehidupan dan penghidupan anak-anak, selaras dengan alamnya dan masyarakatnya. Sedangkan, pendidikan menurut John Dewey  dalam    Muklis,  (1999:35)  adalah  suatu  pembentukan  kecakapan-
kecakapan yang fundamental secara     intelektual dan     emosional ke arah alam dan
sesama manusia.   
Pendidikan  nasional  yang  berdasarkan  Pancasila  pada  Undang-Undang Dasar  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945  berfungsi  mengembangkan kemampuan  dan  membentuk  watak  serta  peradaban  bangsa  yang  bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupa bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Trianto, 2011:3).
Sistem pendidikan nasional senantiasa harus dikembangkan sesuai dengan keperluan dan perkembangan yang terjadi baik tingkat lokal, nasional, maupun global.  Salah  satu  komponen  penting  dari  sistem  pendidikan  tersebut  adalah kurikulum. Dalam UU Republik Indonesia 2 tahun 1989 pasal 1 (9)menyebutkan bahwa “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan  serta  cara  yang  digunakan  sebagai  pedoman  penyelenggaraan  kegiatan belajar-mengajar”  (Depdikbud,  1989:3).Penerapan  kurikulum  2006  (KTSP) menuntut aktivitas dan partisipasi para siswa yang lebih banyak dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran penggunaan metode sangat diperlukan karena akan mempengaruhi hasil pencapaian pembelajaran.
Demikian juga yang terjadi pada SMK PGRI II Salatiga,  hasil belajar siswa pada  semester 1 mata pelajaran IPS Sejarah kurang memuaskan karena semua siswa belum mencapai KKM (70).Dari 37 siswa kelas X-B, yang nilainya telah mencapai KKM 70% dan yang belum mencapai KKM 30%, hal ini terjadi dikarenakan dalam proses kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional.Hasil belajar siswa  yang rendah selain dipengaruhi oleh motode pembelajaran juga dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses

 belajar mengajar, dimana siswa kurang menyukai atau berminat dengan mata pelajaran yang diajarkan.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK 1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK 1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK 1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK

Belum ada Komentar untuk "1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Dengan Model Pembelajaran Kartu Domino Pada Siswa Kelas X SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel