4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II

 ABSTRAK 






 Rahayu, Dwi. 2012. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui  Pembelajaran  Kooperatif  Tipe  TSTS  Pada  Pokok  Bahasan  Kubus dan  Balok  Kelas  VIII  B  SMP  N  8  Salatiga  Semester  II  Tahun  Ajaran 2011/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. FKIP. UKSW Model  pembelajaran  merupakan  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa. Di SMP N 8 Salatiga kelas VIII B dalam proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru, sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh  pada hasil belajar  siswa  yang  rendah.  Mengatasi  masalah  yang  sedemikian,  maka harus dilakukan suatu perbaikan yaitu diterapkannya model pembelajaran agar  siswa  tidak  merasa  bosan  ketika  belajar  matematika,  siswa  akan antusias dalam belajar matematika, siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat  memecahkan  masalah  dengan  sikap  terbuka  yang  salah  satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan  dan hasil belajar siswa  melalui  pembelajaran  kooperatif  tipe  TSTS.  Jenis  penelitian  ini adalah  PTK  yang  setiap  siklusnya  terdiri  dari  perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada kondisi awal pra siklus yang menunjukkan bahwa prosentase hasil belajar siswa  hanya  26,66%  siswa  yang  tuntas,  sedangkan  pada  siklus  I  yaitu 66,67%  siswa  yang  tuntas  belajar,  selanjutnya  pada  siklus  II  terjadi peningkatan yaitu 93,33% dan pada siklus I dan siklus II sudah mencapai indikator  keberhasilan  yaitu  60%,  kemudian  untuk  melihat  peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra siklus hanya 33,33%, dan pada siklus I yaitu 56,94%, selanjutnya siklus II yaitu 80,55%. Siklus II sudah memenuhi
indikator keberhasilan yaitu     ≥    70%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa
penggunaan  pembelajaran  kooperatif  tipe  TSTS  dapat  meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII B di SMP Negeri 8 Salatiga.
 
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe TSTS, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II 4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II 4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II 4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II

Belum ada Komentar untuk "4. Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sisiwa MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Semester II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel