20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD

 ABSTRAK 




Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Posing, hasil belajar, hubungan kesetaraan antar satuan berat.

Permasalahan yang dikaji adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem  Posing dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas dan keterlibatan dalam proses pembelajaran dan penguasaan materi pelajaran Matematika indicator hubungan kesetaraan antar satuan berat pada siswa kelas  IV SDN 1 Kebonagung Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ?
Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan indikator keberhasilan : Rerata hasil belajar meningkat dari 49,8 kondisi awal menjadi 75,7 siklus 1, ketuntasan belajarnya meningkat 19,23 %  kondisi awal  menjadi  96,2 % siklus I. Data aktivitas siswa 33,34 % kondisi awal menjadi 62,5 % pada siklus I. Kinerja guru menunjukkan katagori baik dengan skor 75 %.
Penelitian Tindakan Kelas  ini dirancang  dengan  2 siklus  4 tahap yaitu perencanaan,  tindakan, pengamatan  dan  refleksi. Hasil penelitian  diperoleh data sebagai berikut : 1. Terjadi peningkatan keaktifan,  kreativitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran 62,5 %  siklus I menjadi  75 % siklus II. 2. Peningkatan skor kinerja guru siklus I 75 % menjadi 80 % siklus II. 3. Rerata hasil tes 75,7 siklus I dan 81,07 siklus II, ketuntasan belajar  96,2 % siklus I dan 100 % siklus II. 4. Refleksi 2 siklus berhasil dengan data ketuntasan belajar mencapai  > 85 %.
Dengan demikian disimpulkan bahwa  Model  pembelajaran  problem posing indicator hubungan  kesetaraan  antar satuan berat pada siswa kelas  IV SDN 1 Kebonagung kecamatan Tegowanu kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2011 / 2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Selanjutnya disampaikan saran bahwa  Model pembelajaran problem posing dapat dipakai sebagai salah satu pilihan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD 20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD 20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD 20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD

Belum ada Komentar untuk "20. Peningkatan Penguasaan Materi Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Indikator Hubungan Kesetaraan Antar Satuan Berat Pada Siswa Kelas IV SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel