21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD

 ABSTRAK


Kata kunci : Hasil belajar, Penggunaan Metode group investigation (GI)

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  Penggunaan  Metode    Group
Investigation (GI)    Pada Materi Gaya, Gerak, dan Energy dapat meningkatkan hasil belajar
siswa  kelas  VSD  Negeri  Gejayan  Kecamatan  Pakis  Kabupaten  Magelang  Tahun 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subyek yang diteliti adalah siswa Kelas V Semester II SD Negeri Gejayan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun 2011/2012. Model PTK yang digunakan dengan dua siklus dan langkah-langkah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, sampai dengan refleksi.  Tehnik analisis yang digunakan yakni distribusi frekuensi, mean, skor minimal-maksimal, dan presentase.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dari tiap siklus dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu
70.     Pada pembelajaran IPA dengan materi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dengan
menggunakan  metode     Group  Investigation(GI)     adapun  hasilnya  yaitu  pada  pra siklus
ketuntasan belajar hanya dicapai oleh 7anak dari seluruh siswa (21 siswa) yaitu sebesar 33 % dengan rata-rata 58. Sedangkan pada siklus I ketuntasan belajar dapat dicapai oleh 14 siswa dari seluruh siswa (21 siswa) yaitu sebesar 66 % dengan rata-rata 69. Hal ini menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar yang dicapai siswa yaitu sebesar 33 %. Sama halnya pada siklus II, dari siklus I dengan ketuntasan sebesar 66% ,pada siklus II dapat meningkat menjadi 95% jadi mengalami kenaikan ketuntasan sebesar 31% dengan nilai rata-rata 83. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Pembelajaran menggunakan
metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V Semester
II SD Negeri Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun 2011/2012.
Berdasarkan hasil penulisan yang telah dilakukan, maka  penulis dapat mengambil
simpulan sebagai berikut : Pembelajaran menggunakan     metode Group investigation (GI)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya, gerak.Saran yang dapat disampaikan peneliti berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah guru
dalam melakukan pembelajaran hendaknya menggunakan metode     Group Investigation
(GI)agar siswa lebih aktif, kreatif, inovatif, dan senang. Dalam mendemonstrasikan gambar
didalam kelas agar anak tidak jenuh dan dapat menggunakan miniature yang berhubungan dengan materi agar gambar lebih menarik. 
 File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui  Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD 21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui  Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD 21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui  Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD 21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui  Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD

Belum ada Komentar untuk "21. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Siswa Kelas V SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel