3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S

ABSTRAK

 
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan  metode  pembelajaran  kooperatif  tipe  Group  Investigation  dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan Pokok Bahasan Menganalisis Peluang Usaha kelas XI.6 pada Program Keahlian Multi Media Semester 1 Tahun Pelajaran 2011 / 2012 SMK Kristen Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa  dan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  kewirausahaan,  pokok bahasan Menganalisis Peluang Usaha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di kelas XI.6 Program Keahlian Multi Media, semester  1  Tahun  Pelajaran  2011/2012  SMK  Kristen  Salatiga.  Keberhasilan proses  yang  dinyatakan berhasil  bila  rata-rata  aktivitas belajar  siswa  sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80 % dan nilai Keaktifan siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 80 % dari keseluruhan siswa yang telah mendapat nilai minimal 70.
Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas. PTK adalah penelitian  yang  dilakukan  secara  bertahap  yang  sebelumnya  diadakan  studi pendahuluan. Studi pendahuluan itu bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.6 Program Keahlian Multi Media. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap  siklus  terdiri  dari  perencanaan,  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Data  penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal kuis akhir siklus I dan siklus II. Sementara itu, instrumen nontes berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif.
Hasil  keberhasikan proses  pada penelitian  ini  adalah  keaktifan  siswa pada siklus I menunjukkan nilai empat atau kategori baik dan pada siklus II menunjukkan nilai lima atau kategori sangat baik. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar yang disapai siswa sebesar 63,08 dan ketuntasan belajar sebesar 36,00  %  .  Rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  87,88  dan ketuntasan belajar sebesar 96,00 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 94,92 dan ketuntasan belajar  sebesar 100 %.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat  meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran kewirausahaan pokok bahasan Menganalisis Peluang Usaha  kelas XI.6 Program Keahlian Multi Media Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012 SMK Kristen Salatiga.

Kata kunci : Group Investigation, Keaktifan siswa, hasil belajar.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S 3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S 3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S 3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S

Belum ada Komentar untuk "3. Metode Kooperatif Tipe Group Investigation (TGT)- Kewirausahaan- Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar -S"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel