4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II

ABSTRAK

Kata kunci: Pembelajaran yang Menyenangkan, Brain Gym, Hasil Belajar, IPA

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kondisi pembelajaran yang kurang menyenangkan dan tidak membiasakan siswa untuk mengembangkan potensi  berpikirnya  mengakibatkan  siswa  cenderung  menjadi  malas  berpikir secara mandiri sehingga hasil belajar mata pelajaran IPA siswa sebagian besar rendah (di bawah KKM yaitu 60), sehingga perlu ditunjang adanya pemilihan metode  yang  tepat  dan  strategi  dalam  menciptakan  pembelajaran  yang menyenangkan, khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satau strategi untuk menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan (   Joyful Learning ), salah satunya adalah dengan menerapkan metode Brain Gym. Rumusan  permasalahan  dalam  penelitian  ini  adalah  ÒApakah  dengan Pembelajaran yang Menyenangkan (Joyful Learning) melalui penerapan  Brain Gym dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Rojoimo?Ó. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan dengan penerapan metode Brain Gym. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaborasi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I direncanakan 3 kali pertemuan, dan siklus  II  direncanakan  2  kali  pertemuan.  Instrumen  pengumpulan  data  yang digunakan yaitu berupa lembar observasi dan butir soal tes. Hasil  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  adalah  terjadi  peningkatan pemahaman  yang  ditandai  dengan  ketuntasan  hasil  belajar.  Peningkatan pemahaman belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada Pra Siklus hanya terdapat 16 siswa (45,7%) yang telah tuntas dalam belajarnya, pada Siklus I melalui  3  pertemuan  ketuntasan  belajar  siswa  meningkat  menjadi  31  siswa (88,6%) yang telah tuntas, dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa 100%. Bagi siswa yang belum dapat memahami materi dengan metode ceramah dapat menggunakan pembelajaran menyenangkan melalui penerapan Brain Gym          karena meningkatkan kemampuan belajar, menumbuhkan rasa percaya diri dan membangun rasa kebersamaan dengan menggunakan keseluruhan otak.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II 4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II 4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II 4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II

Belum ada Komentar untuk "4. Pembelajaran Yang Menyenangkan Melalui Penerapan Brin Gym Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajran IPA Semester II"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel