5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N

 ABSTRAK


Kata Kunci: Metode Inkuiri, IPA, Hasil Belajar.

 Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah (1) rendahnya perolehan hasil belajar mata pelajaran IPA di SD Negeri 3 Tunggak  Kecamatan Toroh (2) rendahnya kinerja  belajar  siswa  dan  kemampuan  guru  dalam  mengelola  pembelajaran  yang berkualitas. Untuk memecahkan masalah tersebut maka alternatif tindakan yang diambil adalah  dengan  menerapkan  metode  inkuiri  dalam  pembelajaran  IPA.  Dengan  metode inkuiri siswa diarahkan untuk menemukan jawaban suatu permasalahan melalui beberapa langkah penyelidikan dengan bimbingan guru. 
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Februari sampai dengan April 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri  3  Tunggak,  Kecamatan  Toroh,  Kabupaten  Grobogan  pada  Semester  2  Tahun Pelajaran 2011 / 2012, yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini berhasil jika  80% siswa tuntas dengan rata-rata kelas diatas 75.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas
4   tahap  yaitu  perencanaan    (planning), pelaksanaan  tindakan     (acting),  pengamatan
(observing), dan refleksi     (reflecting). Dalam pelaksanaan  penelitian, peneliti melibatkan
teman  sejawat  sebagai  pengamat.  Sumber  data  diperoleh  melalui  teknik  tes  dan observasi.  Analisis  data  dilakukan  dengan  menggunakan  analisis  deskripsi  komparatif yaitu membandingkan hasil belajar prasiklus, siklus 1 dan siklus 2.
Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  hasil  belajar  siswa  mengalami  peningkatan. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas 58.5 dengan ketuntasan belajar 40 %, pada siklus 1 meningkat menjadi 72 dan 70 % dan pada siklus 2 menjadi 82 dengan ketuntasan 90%. Dari  hasil  observasi  dapat  disimpulkan  bahwa  proses  pembelajaran  IPA  berlangsung dengan aktif, siswa sudah saling berinteraksi lebih aktif dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran mengalami perubahan positif. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus 1 berada pada kategori baik dan pada siklus 2 berada pada kategori sangat baik. 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N 5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N 5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N 5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N

Belum ada Komentar untuk "5. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD N"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel