175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar

ABSTRAK

Penelitian  ini bertujuan  untuk meningkatkan  aktivitas  dan hasil belajar IPA menggunakan model quantum  learning  pada siswa kelas IV SD Negeri 2 karanganyar, Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan  dalam penelitian  ini adalah  penelitian tindakan  kelas yang berkolaborasi  dengan teman sejawat  sebagai  observer  dan dilaksanakan  dalam  2 siklus.  Subyek  penelitian  ini adalah siswa kelas  IV SD Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 28 siswa pada tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, pengamatan, catatan lapangan, dan  dokumentasi.  Instrumen  dalam  penelitian  ini telah  dikonsultasikan  dengan dosen ahli. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan cara deskriptif.
Hasil  penelitian  menunjukan  model  quantum  learning  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA untuk siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar,  Boyolali.  Quantum  learning dengan sistem  Tumbuhkan,  Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan (TANDUR) membuat suasana kelas menjadi kondusif, dinamis, interaktif, partisipasis, siswa pun tidak malu dan ragu untuk mengembangkan potensi, dan setiap usaha yang dilakukan siswa dihargai. Rata-rata  aktivitas  belajar siswa pada siklus I sebesar  64% meningkat  menjadi 84% pada siklus II.Hasil belajar siswa dari tes sebelum tindakan sebesar 60,18 meningkat menjadi 63,39 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 76, 07.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, quantum learning
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar 175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar 175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar 175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar

Belum ada Komentar untuk "175. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanganyar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel