176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul

ABSTRAK

Penelitain ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul menggunakan model pembelajaran role playing. Jenis penulisan ini adalah penulisan tindakan kelas (Classroom Action Research).  Subjek  penulisan  ini siswa  kelas  V  SDN  Karangmojo  IV  tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 8 siswa, yang terdiri atas 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Desain penulisan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penulisan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen penulisan ini menggunakan lembar observasi dan  soal  tes.  Teknik analisis  data  yaitu  deskriptif  kuantitatif  dan  deskriptif kualitatif. Keberhasilan penulisan ini adalah minimal 75% dari siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥70 dan 75% bersikap baik.
Hasil penulisan menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan sikap siswa kelas V SDN Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada pra tindakan siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa (37,5%), siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa atau sebesar 62,5%, pada siklus II meningkat menjadi 6 siswa atau sebesar 75%. Peningkatan hasil belajar pra tindakan ke siklus I sebesar 25%. Peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 12,5%. Peningkatan sikap siswa dapat dilihat melalui penerimaan, partisipasi, dan penilaian. Pada pra tindakan siswa kurang berantusias dan pasif saat pembelajaran IPS, siklus I siswa yang mencapai kriteria sikap baik sebanyak 5 siswa (62,5%), sedangkan siswa yang memiliki kriteria sikap cukup sebanyak  3  siswa  (37,5%).  Pada  siklus  II  terjadi  peningkatan,  siswa  yang memiliki kriteria sikap amat baik dan baik sebanyak 7 siswa (87,5%), sedangkan siswa yang memiliki kriteria sikap cukup sebanyak 1 siswa (12,5%).

Kata Kunci: hasil belajar IPS, model role playing, kelas V SD
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul 176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul 176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul 176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul

Belum ada Komentar untuk "176. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing Di SD N Karangmojo IV, Karangmojo, Gunungkidul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel