192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) proses pembelajaran menyimak cerita menggunakan quantum teaching, dan 2) kemampuan menyimak cerita menggunakan quantum teaching pada siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan. Jenis  penelitian  yang digunakan dalam penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak cerita menggunakan   model   quantum teaching   dapat   meningkatkan   aktivitas   dan perhatian siswa, terbukti dari rerata partsipasi siklus I 47,33% meningkat 25,8% menjadi 73,13% pada siklus II. Pembelajaran menyimak cerita menggunakan model quantum teaching meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa. Hasil tes menunjukkan   bahwa   menggunakan   model   quantum   teaching   dapat meningkatan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan dengan kriteria ketuntasan minimal ≥ 70. Peningkatan kemampuan menyimak cerita pada siklus I sebesar 4, kondisi awal kemampuan menyimak cerita  rendah  dengan  nilai  rata-rata  62,53  tingkat  kelulusan  48%  dari jumlah siswa, kemudian meningkat menjadi 66,53 dengan tingkat kelulusan 60%, akan tetapi masih dalam kategori rendah karena belum mencapai KKM. Peningkatan kemampuan menyimak cerita pada sikus II sebesar 13,92, kondisi awal dalam kategori rendah dengan nilai 62,53 dan dengan tingkat kelulusan 48%, meningkat lulus KKM dan termasuk kategori baik menjadi 76,45 dengan tingkat kelulusan 84%.

Kata Kunci: menyimak cerita, model quantum teaching
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul 192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul 192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul 192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul

Belum ada Komentar untuk "192. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Quantum Teaching Di Kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan Bantul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel