193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan scientific bermetode group investigation pada siswa kelas VC SD Bantul Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain  penelitian  Model  Kemmis  dan  Mc.  Taggart.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VC SD Bantul Timur yang berjumlah 21 siswa. Penelitian  dilaksanakan  pada  bulan  Oktober  2013 April 2014  di  SD  Bantul Timur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VC meningkat melalui pendekatan scientific bermetode group investigation. Pada siklus I menunjukkan 43% (9 siswa), meningkat pada siklus II menjadi 79% (15 siswa) telah memperoleh nilai akhir ≥ 75. Peningkatan hasil serta ketercapaian indikator keberhasilan penelitian pada siklus II diperoleh melalui perbaikan dan penyempurnaan tindakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pemerataan pembagian heterogenitas kelompok investigasi, (2) memotivasi partisipasi aktif siswa dalam pelaksanaan investigasi   (3)   pemaksimalan   partisipasi   setiap   anggota   kelompok   dalam penyajian laporan akhir, (4) pemaksimalan pemahaman setiap kelompok terhadap pokok bahasan materi kelompok lain, (5) pemaksimalan kegiatan diskusi kelas, serta (6) memotivasi siswa melalui pemberian reward.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pendekatan scientific bermetode group investigation
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul 193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul 193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul 193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul

Belum ada Komentar untuk "193. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaranipa Melalui Pendekatan Scientific Bermetode Group Investigation Pada Siswa Kelas Vc SD Bantul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel